Kompas TV entertainment film

Oppenheimer Dominasi Oscar 2024, Sabet Best Picture hingga Aktor Pendukung Terbaik

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 11:14 WIB
oppenheimer-dominasi-oscar-2024-sabet-best-picture-hingga-aktor-pendukung-terbaik
Para peraih penghargaan Oscar 2024 untuk film Oppenheimer. (Dari kiri ke kanan) Al Pacino (Aktor Pemeran Pendukung Terbaik), Christopher Nolan (Sutradara Terbaik), Emma Thomas (Film Terbaik), dan Charles Roven (Film Terbaik), berpose di ruang pers di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (10/3/2024) atau Senin WIB. (Sumber: Jordan Strauss/Invision/AP)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Desy Afrianti

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Film Oppenheimer meraih Best Picture di Oscar 2024. Film biografi tentang J Robert Oppenheimer ini dibintangi oleh Cillian Murphy, Robert Downey Jr., Emily Blunt, Matt Damon, hingga Florence Pughmengalahkan.

Selain Best Picture, Christopher Nolan juga memenangkan Oscar pertamanya sebagai Best Director setelah 8 kali sebelumnya hanya masuk sebagai nominasi

Belum selesai, Cillian Murphy juga meraih Best Actor dan Robert Downey Jr. sebagai Best Supporting Role (aktor pendukung terbaik).

Baca Juga: Kisah Penemuan Kru Pesawat Smart Air Jatuh di Kaltara, Pilot Sempat Buat Tanda SOS Kepulan Asap

"Saya pikir semua orang yang membuat film memimpikan momen seperti ini. Saya sudah memimpikan momen ini dalam waktu yang lama. Sekarang saya di sini dan semua di luar dugaan saya," ujar produser Emma Thomas ketika menerima piala Best Picture Oscar 2024, Minggu (10/3) waktu Amerika Serikat dilansir dari Variety.

Oppenheimer adalah sebuah drama sejarah berdurasi tiga jam yang berbicara soal sains dan politik, di mana J. Robert Oppenheimer berhasil menciptakan bom atom pertama di dunia.

"Oppenheimer" menjadi hit box office dan meraup 953,8 juta dolar, ia memimpin perolehan nominasi Oscar 2024 dengan total 13 nominasi.

Baca Juga: Cak Imin: Hak Angket DPR untuk Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Niatnya Baik

Itu adalah film Christian Nolan pertama yang memenangkan film terbaik, setelah sebelumnya hanya dipuji atas keberhasilan film "The Dark Knight", "Inception", "Memento" dan film lainnya.

Pada nominasi tahun ini, Christopher Nolan berkompetisi dengna Justine Triet, Martin Scorsese, Yorgos Lanthimos, dan Jonathan Glazer.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x