Kompas TV entertainment selebriti

Cerita Agus Kuncoro Belajar Lari dari Trek Ringan hingga Kuat Tempuh Jarak 50 Km

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 10:56 WIB
cerita-agus-kuncoro-belajar-lari-dari-trek-ringan-hingga-kuat-tempuh-jarak-50-km
Aktor Agus Kuncoro saat ditemui di acara pembukaan lomba lari DocoRun for Health di Jakarta, Minggu (10/3/2024). (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor Agus Kuncoro masih terlihat bugar setelah menginjak usia 51 tahun. Bahkan agus mengaku tengah kecanduan lari dan kuat ikut maraton hingga jarak 50 km tanpa istirahat.

Untuk melatih daya tahannya, aktor yang bermain dalam sinetron Para Pencari Tuhan itu lari di bukit berbatu hingga ke lokasi air terjun.

Agus kerap membagikan aktivitas olahraganya bersama istrinya, Anggia Jelita.

"Istri gue justru yang lebih dulu lari. Bayangin dia kuat 75 km, lari 75 km. Ini kadang gue mikir, adakah hubungannya dengan rumah tangga? Lari dari masalah apa gimana?" bebernya seraya tertawa saat ditemui di acara pembukaan lomba lari DocoRun for Health di Jakarta, Minggu (10/3/2024).

Baca Juga: Pengacara Irish Bella: Nafkah Rp500 Ribu dari Ammar Zoni Jelas Tak Cukup

"Gue terakhir lari itu pas Jakarta Marathon, 4 jam kalau nggak salah. 42 km tapi gue nyasar sampai 10 km, jadi malah lebih dari 50 km malahan," beber Agus.

Ketika ditanya apakah ketika lari, dia istirahat atau sambil jalan, Agus langsung menjawab "Lari ya lari."

Menurut dia, lari adalah olahraga yang murah meriah. Dengan berlari, ia mengaku semakin memperhatikan kesehatan.

"Gue karena sekarang sering lari, gue jadi perhatian sama makanan yang dimakan. Ada gorengan, wah skip (lewat). Dulu mah nggak peduli kan, makan ya makan aja. Jadi gue makin paham kesehatan itu mahal. Karena ada perjuangan di situ, ada berjuang dengan namanya malas, 'Ah besok aja olahraga nunggu mood'. Wah macam-macam kan tuh alasannya," ungkapnya.

Agus mengaku menyukai lari sejak pandemi Covid-19.

"Gue awalnya main sepeda, tapi pas Covid itu kan gak boleh bergerombol kan, dan gue akhirnya lari pas itu. Terus gue suka lari karena pas lari itu kaya gue ngomong ke diri sendiri, gue evaluasi diri, karena gue nggak suka tuh namanya denger musik, pakai headset pas olahraga," tuturnya.

Baca Juga: Evakuasi 2 Kru Pesawat Smart Air yang Jatuh di Binuang Kaltara: Pilot Selamat, Teknisi Meninggal

Menanggapi event fun race, DocoRun for Health, pada Agustus mendatang, Agus mengaku bakal mengikuti trek 10 km. Ia pun berbagi tips melatih fisik agar kuat lari.

"Gue nanti yang trek jauh, yang 10 km ikutan. Nah untuk pemula, gue dulu ya kuatin kaki dulu. Jalan kaki dulu, lalu lari-lari kecil, dan rutin aja begitu latihan. Jangan langsung geber harus berapa kilometer," urainya.

"Enak itu kalau di treadmill, ya incline aja naikin 4, terus mulai dari speed, 3 naik 4, terus 7, udah lari latihan terus kaya gitu. Enak di treadmill itu empuk kan dia. Kalau di jalanan beda, keras kaki nih kalau kena aspal atau paving block," bebernya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x