Kompas TV entertainment film

Margot Robbie dan Greta Gerwig Absen dari Nominasi Oscar, Isu Seksis Berkembang di Hollywood?

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 08:52 WIB
margot-robbie-dan-greta-gerwig-absen-dari-nominasi-oscar-isu-seksis-berkembang-di-hollywood
Greta Gerwig, kiri, dan Margot Robbie menerima penghargaan komedi terbaik untuk film Barbie pada Critics Choice Awards ke-29 pada Minggu, 14 Januari 2024, di Barker Hangar di Santa Monica, California. Banyak pihak yang kecewa ketika Gerwig dan Robbie tidak masuk dalam nominasi sutradara terbaik dan aktris terbaik dalam Academy Award tahun ini. (Sumber: AP Photo/Chris Pizzello)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV — Barbie menjadi hit terbesar pada tahun 2023. Film ini menjadi yang terlaris yang pernah disutradarai oleh perempuan dan menjadi sensasi budaya yang menyulap bioskop menjadi merah jambu. Tidak hanya itu, film ini meninggalkan jejak pemikiran bagi penonton setelah meninggalkan bioskop: feminisme ala Greta Gerwig. 

Namun meski Barbie menerima delapan nominasi Academy Awards yang diumumkan pada Selasa (23/1/2023), jumlah ini masih kalah jauh oleh film pesaingnya, Oppenheimer yang mendapatkan 13 nominasi.

Terlebih, Barbie tidak masuk dalam nominasi untuk kategori sutradara terbaik dan aktris terbaik.

Banyak yang kecewa dengan keputusan Academy Awards mirip dengan komedi patriarki yang ditampilkan dalam film Barbie. Bahkan, Ryan Gosling yang memerankan Ken dalam Barbie dikabarkan sangat kecewa karena rekannya Margot Robbie tidak masuk nominasi aktris terbaik dan Greta Gerwig tidak masuk dalam nominasi sutradara terbaik.

“Tidak ada Ken tanpa Barbie, dan tidak ada film Barbie tanpa Greta Gerwig dan Margot Robbie, dua orang paling bertanggung jawab atas pembuatan sejarah film yang terkenal secara global ini,” kata Ryan Gosling seperti dikutip dari The Associated Press

Baca Juga: Oppenheimer Karya Christopher Nolan Dominasi Oscar dengan 13 Nominasi, Barbie di Tempat Kedua

“Tidak ada pengakuan yang bisa diperoleh siapa pun dalam film ini tanpa bakat, ketabahan, dan kejeniusan mereka. Mengatakan bahwa saya kecewa karena mereka tidak dinominasikan dalam kategori masing-masing adalah sebuah pernyataan yang meremehkan,” tambahnya.

Pada hari Rabu, reaksi balik telah meluas ke ranah politik. Hillary Clinton, yang mengunggah di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, menulis:

"Greta & Margot, Meskipun memenangkan box office, mungkin menyakitkan karena tidak membawa pulang emas, namun jutaan penggemar mencintai Anda. Anda berdua lebih dari sekadar Kenough. #HillaryBarbie"

Unggahan Clinton membuat heboh internet, yang dari jauh tampak seperti peperangan di tepi pantai yang terjadi di Barbie. Badai yang terjadi setelah nominasi memastikan bahwa menjelang Oscar pada 10 Maret – yang mulai terasa seperti perjalanan langsung menuju penobatan Oppenheimer dan beberapa kandidat terdepan – akan memiliki banyak drama.


Jimmy Kimmel, yang akan menjadi pembawa acara penghargaan tersebut, telah mempertimbangkannya. Pada acara Jimmy Kimmel Live Selasa malam, dia menyindir bahwa Gosling dinominasikan untuk Ken sementara Robbie dan Gerwig yang tidak masuk nominasi adalah seperti plot dalam film Barbie

Baik Gerwig maupun Robbie belum berkomentar secara terbuka mengenai tidak masuknya mereka dalam nominasi Oscar. Perwakilan Gerwig dan Robbie tidak menanggapi pertanyaan wartawan yang dilayangkan pada hari Rabu.

Seksisme mungkin berperan dalam fenomena ini. Namun Justine Triet, pembuat film perempuan asal Prancis, termasuk di antara nominasi sutradara terbaik, bersama dengan Christopher Nolan (Oppenheimer), Martin Scorsese (Killers of the Flower Moon), Jonathan Glazer (The Zone of Interest), dan Yorgos Lanthimos (Poor Things). 

Baca Juga: Equalizer 3 Rajai Box Office Domestik AS, Barbie dan Oppenheimer Catat Rekor Baru

Meskipun terlihat tidak adil bagi perempuan dalam kategori sutradara terbaik, namun hal berbeda terlihat dalam kategori film terbaik. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Oscar, ada tiga film yang disutradarai perempuan, masuk dalam kategori film terbaik, yaitu Barbie karya Gerwig, Anatomy of a Fall karya Triet, dan Past Lives karya Celine Song.

Salah satu faktor yang mungkin terjadi mengapa Gerwig absen dari nominasi adalah komposisi akademi film yang semakin internasional. Salah satu upaya untuk memperluas keragaman pemilih Oscar, akademi ini tersebar di seluruh dunia lebih dari sebelumnya. Pada tahun ini, pemungutan suara dilakukan dari 93 negara. Kemungkinan besar, hal ini mungkin menguntungkan pembuat film yang berbasis di Eropa seperti Triet, Lanthimos, dan Glazer.

Namun, pada akhirnya, absennya Robbie dan Gerwig yang merupakan bintang film box office dan otak kreatif film Barbie yang paling banyak dibicarakan tahun 2023, terasa salah bagi banyak orang. 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x