Kompas TV entertainment film

5 Rekomendasi Film Terbaik Berlatarkan Konflik Israel-Palestina yang Wajib Kamu Tonton!

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 07:30 WIB
5-rekomendasi-film-terbaik-berlatarkan-konflik-israel-palestina-yang-wajib-kamu-tonton
Cuplikan Film Farha (2021) (Sumber: Screengrab/Farha)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Dua bulan terakhir, ketegangan antara Israel-Palestina menjadi sorotan utama di seluruh dunia.

Konflik yang semakin memanas antara kedua negara tersebut, terutama terkait masalah politik dan perbatasan, telah menciptakan situasi yang sulit. 

Sejumlah rumah produksi layar lebar telah membuat film dengan mengangkat konflik berumur puluhan tahun ini. Tujuannya, memperlihatkan perspektif beragam dalam pertarungan panjang antara Israel-Palestina.

Film-film tersebut mencoba menyampaikan narasi yang lebih mendalam dan mempertimbangkan berbagai aspek dari konflik tersebut, serta memberikan penonton gambaran yang lebih luas tentang situasi yang sebenarnya terjadi.

Berikut adalah 5 daftar film yang berlatarkan konflik antara Israel-Palestina.

1. Farha (2021)

Cuplikan film Farha (2021). (Sumber: Screengrab/Farha)

Film Farha mengambil latar peristiwa Nakba di Palestina yang terjadi pada 1948 silam. Peristiwa yang juga disebut Malapetaka Palestina ini merujuk penghancuran tanah Palestina dan pengusiran massal etnis Arab-Palestina oleh Israel.

Tokoh utama film ini adalah Farha (Karam Taher), seorang gadis berusia 14 tahun yang tinggal di sebuah desa di Palestina. Pada awal cerita, Farha dikisahkan berhasil membujuk ayahnya (Ashraf Barhom) untuk melanjutkan sekolah di kota bersama sahabatnya, Farida (Tala Gammoh).

Akan tetapi, sebelum sempat bersekolah, peristiwa Nakba terjadi. Pasukan Israel mendatangi desanya. Khawatir atas keselamatan anaknya, sang ayah mengunci Farha di sebuah ruang penyimpanan di rumahnya dan berjanji akan kembali.

Farha terkunci di ruangan gelap yang sempit. Ia hanya memiliki lubang kecil di dinding dan celah pintu kayu untuk melihat dunia luar, tempat kejadian-kejadian mengerikan terjadi.

Baca Juga: 5 Fakta Film Siksa Neraka: Rating, Sinopsis, Daftar Pemeran, dan Harga Tiket di Bioskop

2. Omar (2013)

Cuplikan film Omar (2013). (Sumber: IMDb)

Film Omar mengisahkan tentang Omar (Adam Bakri), seorang pemuda Palestina yang sehari-harinya bekerja sebagai pembuat roti. Omar bergabung ke dalam kelompok pejuang untuk melawan pasukan pendudukan Israel di Palestina bersama dengan kedua sahabatnya, Tarek (Eyad Hourani) dan Amjad (Samer Bisharat).

Karena kurangnya pengalaman, salah satu dari mereka melakukan sebuah kesalahan dengan menembak seorang tentara Israel, sehingga membuat ketiganya menjadi buron. Sayangnya, Omar tertangkap dan disiksa di dalam penjara.

Kemudian datanglah seorang agen Israel, Rami (Waleed Zuaiter) yang menawarkan Omar keluar dari penjara dengan syarat, Omar harus memata-matai Tarek yang dianggap sebagai otak dari kejadian tersebut.

Hal itulah yang membuat Omar merasa bingung lantaran ia tidak ingin menjadi pengkhianat bagi Tarek, dan di sisi lain, ia juga sedang menjalani hubungan rahasia dengan kekasihnya, yaitu adik Tarek, Nadia (Leem Lubany), dan akan menikahinya setelah usahanya dalam memperjuangkan kebebasan negaranya dari Israel selesai.

3. Paradise Now (2005)

Cuplikan film Paradise Now (2005). (Sumber: IMDb)

Said (Kais Nashif) dan teman lamanya, Khaled (Ali Suliman), merupakan seorang montir di Nablus, Palestina yang menjalani kehidupan sehari-hari mereka di tengah kemiskinan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x