Kompas TV entertainment musik

Now and Then, Lagu Penutup dan Terakhir The Beatles, Komplit Berempat Termasuk John Lennon

Kompas.tv - 3 November 2023, 22:25 WIB
now-and-then-lagu-penutup-dan-terakhir-the-beatles-komplit-berempat-termasuk-john-lennon
Lagu rekaman penutup dan terakhir dari The Beatles akhirnya terbit hari Jumat (3/11/2023), menjadi lagu terbaru dan terakhir dari salah satu band terbesar di dunia dengan anggota lengkap, vokal John Lennon, bass dari Paul McCartney, gitar George Harrison, dan drum Ringo Starr. (Sumber: The Beatles)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Lagu rekaman penutup The Beatles akhirnya terbit pada Jumat (3/11/2023). Lagu ini menjadi lagu terbaru dan terakhir dari salah satu band terbesar di dunia dengan anggota lengkap The Beatles: vokal John Lennon, bass dari Paul McCartney, gitar George Harrison, dan drum Ringo Starr.

Berjudul Now and Then, lagu yang hampir mustahil dipercayai ini berdurasi empat menit delapan detik, merupakan rekaman asli pertama dan satu-satunya The Beatles di abad ke-21, seperti laporan Associated Press.

Banyak yang menonton video klip Now and Then mengungkapkan rasa sedih dan nelangsa menyaksikan beberapa detik terakhir videoklip, saat keempat anggota the Beatles menunduk lalu perlahan menghilang seiring selesainya lagu tersebut.

Now and Then dimulai dengan hitungan mundur, lalu nada gitar akustik bersama dengan suara piano menyatu dengan vokal khas John Lennon dalam pengantar lagu ini: "I Know It's True/ It's All Because of You / And If I Make It Through / It's All Because of You."

Lebih dari empat dekade setelah pembunuhan Lennon dan dua dekade setelah wafatnya George Harrison, lagu terakhir dari The Beatles ini dirilis sebagai singel double A-side dengan Love Me Do, singel debut band pada tahun 1962.

Now and Then berasal dari koleksi demo yang belum pernah dirilis, ditulis oleh Lennon tahun 1970-an, yang kemudian diberikan kepada mantan rekan bandnya oleh Yoko Ono.

Baca Juga: The Beatles Segera Rilis Rekaman Lagu Baru Terakhir, AI Bantu Pisahkan Vokal Asli John Lennon


Mereka menggunakan pita rekaman ini untuk menciptakan lagu Free As a Bird dan Real Love, yang dirilis pada pertengahan tahun 1990-an. Namun, ada batasan teknis yang membuat Now and Then sulit untuk diselesaikan.

Pada Rabu, sebuah film pendek berjudul The Beatles, Now And Then, The Last Beatles Song dirilis, yang menguraikan proses pembuatan lagu ini.

Pada pita aslinya, suara Lennon tersembunyi; piano sulit terdengar, seperti yang dijelaskan oleh Paul McCartney. "Pada waktu itu, tentu saja, kita tidak memiliki teknologi untuk melakukan pemisahan suara."

Semuanya berubah tahun 2022 saat The Beatles yang kini hanya berdua, Paul dan Ringo, punya kesempatan menggunakan metode restorasi teknis yang sama yang digunakan dalam pembuatan seri dokumenter tahun 2021 oleh sutradara Peter Jackson, The Beatles: Get Back. Mereka dapat mengisolasi suara Lennon dari kaset aslinya dan menyelesaikan Now and Then dengan Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan.

Ketika lagu ini pertama kali diumumkan pada bulan Juni, McCartney menggambarkan teknologi kecerdasan buatan sebagai sesuatu yang "menakutkan tapi mengasyikkan," seraya menambahkan, "Kita akan melihat ke mana teknologi ini akan membawa kita."

"Masih bisa berkarya pada musik The Beatles di tahun 2023, sungguh luar biasa," ujar McCartney dalam The Beatles - Now And Then - The Last Beatles Song

"Kita benar-benar bermain dengan teknologi mutakhir, yang saya yakin seluruh anggota The Beatles akan tertarik."



Sumber : Associated Press / The Beatles


BERITA LAINNYA



Close Ads x