Kompas TV entertainment seni budaya

Teater GLAdiactor Tampilkan Post Gen Z di Festival Teater Anak 2023, Catat Tanggalnya

Kompas.tv - 21 September 2023, 12:48 WIB
teater-gladiactor-tampilkan-post-gen-z-di-festival-teater-anak-2023-catat-tanggalnya
Pementasan nasakah “Post Gen Z” akan dimainkan oleh Teater GLAdiactor dalam ajang Festival Teater Anak 2023 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, pada Jumat (29/9/2023) mendatang. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pementasan nasakah “Post Gen Z” akan dimainkan oleh Teater GLAdiactor dalam ajang Festival Teater Anak 2023 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, pada Jumat (29/9/2023) mendatang pukul 19.00 WIB.

Teater GLAdiactor merupakan sanggar seni di bawah naungan GPM Leader Academy bentukan warga perumahan Griya Putra Mandiri.

Adapun, GPM Leader Academy adalah pusat pembelajaran dan wadah generasi muda untuk mengembangkan diri atas dasar kesadaran warga dan tanggung jawab sosial.

Baca Juga: 5 Benda Bersejarah di Museum Nasional Indonesia, Ada Prasasti Mulawarman hingga Kitab Sutasoma

Naskah “Post Gen Z” ini ditulis oleh Herry W Nugroho dan Maly Assoy. Pertunjukkan ini juga disutradarai langsung oleh Herry W Nugroho.

Nantinya, penonton akan disuguhkan dengan drama musikal yang memadukan unsur koreografi, lagu, pantomim, musik perkusi, hingga video mapping. Adapun, pemain “Post Gen Z” adalah anak-anak dan dipandu oleh tim produksi dari generasi muda.

Unsur koreografi dalam pementasan tersebut dikreasikan oleh Asri Mery Sidowati, lulusan S2 jurusan tari di Korea Selatan. Unsur musik digarap oleh Andri “Virgo“ Setiawan, personil grup band reggae Tony Q Rastafara.

Beberapa seniman kawakan juga terlibat dalam proses membimbing anak-anak yang mementaskan naskah “Post Gen Z”, seperti JokJoker, seniman musik dan pantomim; Iqbal Samudra, Ketua Simpul Interaksi Teater Selatan (Sintesa) Jakarta Selatan; serta beberapa seniman lainnya.

Baca Juga: Sejarah Museum Indonesia yang Kebakaran, Berdiri sejak 1778, Ada 140.000 Koleksi Bersejarah

Pementasan naskah “Post Gen Z: Kami Ini Siapa…? Itu Tanya Sepanjang Usia?” ini membawa cerita tentang anak-anak masa kini yang hidup di tengah perkembangan teknologi yang pesat.

“Mereka rapuh, labil, sekaligus lugu. Bagaikan kain putih, mereka bisa berubah menjadi warna apa saja yang indah, tapi bisa juga menjadi kotor penuh noda,” kata Herry dalam keterangan tertulis kepada Kompas TV, Kamis (21/9/2023).

Anak-anak yang disebut anak zaman now ini diibaratkan sebagai kain putih. Suatu ketika, anak-anak bertemu sosok Joker yang mengubah segalanya. Kain-kain putih terancam menjadi kotor.

Namun, perubahan itu bukan salah Joker sebab Joker memang harus hadir sebagai konsekuensi kemajuan zaman. 

Festival Teater Anak (FTA) tahun ini diselenggarakan mulai tanggal 25-30 September 2023 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. 

Baca Juga: Patung Raksasa KAWS Dipamerkan di Pelataran Candi Prambanan, Berikut Harga Tiketnya

Ajang ini diikuti 29 grup teater anak dengan peserta kurang lebih 1.200 anak dan akan dihadiri oleh 3.000 penonton yang akan menonton selama perhelatan FTA 2023 ini digelar.

Festival yang telah berlangsung selama puluhan tahun ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, yang dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Lembaga Teater Jakarta. 

Dalam FTA 2023, peserta akan memperebutkan beberapa kategori, seperti grup terbaik, sutradara terbaik, pemeran utama pria terbaik, pemeran utama wanita terbaik, penata panggung terbaik, penata musik terbaik, desain kostum dan rias terbaik, penata cahaya terbaik, dan sejumlah kategori lainnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x