Kompas TV entertainment selebriti

Kronologi Ian Kasela Dituntut Rp20 Miliar oleh Pencipta Lagu Cinderella

Kompas.tv - 29 Juli 2023, 11:16 WIB
kronologi-ian-kasela-dituntut-rp20-miliar-oleh-pencipta-lagu-cinderella
Kronologi Ian Kasela dituntut Rp20 Miliar oleh pencipta lagu Cinderella dan mendapat somasi 25 Juli 2023 lalu (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vokalis band Radja, Iandhika Mulya Ramadhan atau Ian Kasela, mendapat somasi dan dituntut Rp20 miliar dari Rival Achmad Labbaika atau Ipay, pencipta lagu “Cinderella.”

Somasi dilayangkan Ipay pada 25 Juli 2023 lewat kuasa hukumnya, Minola Sebayang lantaran diduga Radja menambahkan nama Ian sebagai pencipta lagu “Cinderella”.

Padahal, Ipay mengaku cuma dia pencipta lagu “Cinderella" dan Ian Kasela tidak ikut menciptakan lagu tersebut.

Minola menjelaskan, hal itu bermula saat kliennya baru tahu bahwa nama Ian Kasela ditulis sebagai pencipta lagu “Cinderella” pada 2004.

Setelah dibiarkan lama, Ipay merasa tak pernah dapat royalti dari lagu “Cinderella”. Ipay juga menduga Ian Kasela hanya mendaftarkan dirinya sendiri sebagai pencipta lagu “Cinderella” di LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional).

Baca Juga: Band Radja Diancam Dibunuh Usai Konser di Malaysia, Ian Kasela: Kami Shok Banget...

Namun, saat itu, kata Minola, kliennya tidak melakukan tindakan lantaran menunggu itikad baik dari Ian Kasela.

“Sejak 2004 bahkan album kedua dan album ketiga (juga nama Ian ditulis sebagai pencipta), tapi kan karena sesama teman jadi enggak enak, tetapi ketika atas penggunaan lagu itu royaltinya tidak masuk,” ucap ujar Minola di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023), dikutip dari Kompas.com.

Sebenarnya, lanjut Minola, Ian Kasela sempat meminta izin untuk penggunaan lagu “Cinderella". Ipay dan Radja pun sempat sepakat untuk membuat kontrak kerja sama terkait penggunaan lagu tersebut, tetapi hingga saat ini kontrak belum dibuatkan.


“Kalau berdua kan setidaknya royaltinya masuk ke kedua pihak baru lah mulai ada sesuatu. Dan usut punya usut mungkin ditemukan data kenapa dia tidak mendapatkan royalti even beberapa juta kan harusnya dapat, tapi dia tidak dapat royalti sama sekali karena ada indikasi atau diduga lagu itu didaftarkan hanya atas nama satu orang saja,” lanjut Minola.

Hampir 20 tahun tak kunjung ada itikad baik, akhirnya Ipay pun melayangkan somasi dan menuntut Ian Kasela atas kerugian yang selama ini ia tanggung.

“Ketika itu (iktikad baik) tidak berjalan dalam waktu yang panjang baru orang yang merasa dirugikan satu bentuk upaya kenapa selalu dianggap aneh? Menurut saya sih biasa-biasa saja, itu hak bebas orang lain kapan dia mau mempersoalkan kerugian yang dialami atas suatu pelanggaran,” ucap Minola.

Baca Juga: Ceritakan Kronologi Diancam Akan Dibunuh, Ian Kasela: Kami juga Sempat Didorong

Minola mengatakan, Ipay ingin melindungi hak cipta atas karya lagu “Cinderella". Sehingga ia mencoba memperjuangkan hak ekonomi dan hak moralnya sebagai pencipta lagu “Cinderella”.

“Karya cipta ini suatu bentuk kekayaan intelektualitas yang dilindungi dan sebenarnya itu juga bisa diwariskan kepada ahli waris si pencipta. Jadi ini harus dilindungi, jadi sudah mulai ada keinginan mau bicara bagaimana ke depannya atas penggunaan ‘Cinderella,’” tutur Minola.

Sebagai informasi, menurut pengakuan Ipay, dirinya menciptakan lagu Cinderella sejak tahun 1996 dan merekam lagu tersebut sebagai demo bersama Fresh Band di tahun 1998.

Radja kemudian memasukkan lagu Cinderella pada album "Langkah Baru" 2004. Diduga, Radja tak mencantumkan nama Rival sebagai satu-satunya pencipta lagu "Cinderella".



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x