Kompas TV entertainment selebriti

Profil Justyn Vicky, Binaragawan yang Meninggal Akibat Patah Leher Usai Gagal Angkat Barbel 200 Kg

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 07:39 WIB
profil-justyn-vicky-binaragawan-yang-meninggal-akibat-patah-leher-usai-gagal-angkat-barbel-200-kg
Profil Justyn Vicky, binaragawan yang meninggal dunia setelah gagal angkat beban 200 kg (Sumber: Instagram/the.paradisebali)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

DENPASAR, KOMPAS.TV - Binaragawan Justyn Vicky meninggal dunia dengan kondisi patah leher setelah gagal mengangkat barbel 200 kg di sebuah pusat kebugaran di Jalan Danau Tamblingan, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, Sabtu (15/7/2023).

Saat itu, Justyn tidak bisa mengangkat barbel  200 kg dengan teknik back squat sehingga jatuh dalam posisi terduduk. Setelah dilarikan ke rumah sakit, nyawa Justyn tidak tertolong.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan menjelaskan kronologi lengkap Justyn Vicky meninggal dunia.

"Korban mengalami patah leher hingga meninggal saat mengangkat beban back squat 200 kilogram," kata Jansen dalam keterangan tertulis, Minggu (23/7/2023), dikutip dari Kompas.com.

Jansen menjelaskan, peristiwa ini berawal saat Justyn mencoba mengangkat beban dengan teknik back squat dibantu dua orang berinisial BM yang merupakan warga negara Australia dan JK.

Baca Juga: Kronologi Binaragawan Justyn Vicky Gagal Angkat Beban 210 Kg Hingga Akhirnya Meninggal

Saat gerakan mulai dilakukan, Justyn ternyata tak mampu mengangkatnya. Sementara BM dan JK juga tak kuat mengangkat beban tersebut.

"Sehingga korban jatuh dalam posisi duduk dan beban jatuh ke depan dan mengenai leher korban," kata Jansen.

Justyn kemudian dibawa ke RS Siloam di Kuta, Badung, untuk mendapat perawatan. Setelah itu, ia dirujuk ke RSUD Wangaya untuk menjalani operasi, Minggu (16/7/2023), sekitar pukul 15.00 Wita.

Namun, Justyn tidak sadarkan diri usai operasi dan dinyatakan meninggal pada Senin (17/7/2023), pukul 14.00 Wita. Jenazah Justyn kemudian dipulangkan ke kampung orangtuanya di Jember, Jawa Timur. 

Profil Justyn Vicky

Pemilik nama asli Herman Fauzi ini meninggal dunia di usia 31 tahun. Dengna nama Justyn Vicky, ia dikenal sebagai seorang binaragawan sekaligus influencer kebugaran Indonesia.

Melansir Tribunnews, Justyn Vicky lahir di New York, Amerika Serikat, pada 7 Maret 1990. Kariernya dimulai sejak tahun 2012 dan telah memenangkan kompetisi, termasuk Mr. Bali di tahun 2015 dan 2016.

Baca Juga: Ketum Persatuan Binaraga Fitness Indonesia, Irwan Alwi Buka Suara soal 'Squat Press' Justyn Vicky

Justyn Vicky terus menekuni kareirnya hingga menjadikan dirinya sebagai anggota tim nasional binaraga Indonesia.

Terus mendalami sebagai binaragawan, Justyn Vicky memiliki sederet prestasi. Ia pernah meraih juara satu pada International Fitness and Bodybuilding Federation 2018.

Ia juga pernah menjadi juara satu angkat beban 65 kg hingga ikut kontes Ultimate Body Contest di tahun 2011.

Tak hanya itu, Justyn juga dikenal sebagai sosok pelatih dan motivator yang selalu membuat orang lain terinspirasi untuk menjaga kesehatannya.


Justyn kerap membagikan edukasi soal kebugaran dan olahraga di gym lewat unggahan di akun Instagram pribadinya, @justynvickybali_island.

Justyn diketahui merupakan seorang binaragawan yang pernah menjadi juara di ajang angkat besi 65kg pada 2011.

Kemudian ia pernah ikut ajang bergengsi Ultimate Body Contest. Selain itu Justyn juga pernah menjadi juara pada ajang Muscle Beach Bali 2018.

Kini Justyn Vicky pun terkenal sebagai salah satu ikon di dunia binaraga Indonesia.



Sumber : Kompas.com, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x