Kompas TV entertainment seni budaya

Jadwal dan Rute Kirab Malam 1 Suro 2023 di Solo, Ada Pura Mangkunegaran dan Keraton Surakarta

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 12:05 WIB
jadwal-dan-rute-kirab-malam-1-suro-2023-di-solo-ada-pura-mangkunegaran-dan-keraton-surakarta
Ilustrasi kirab malam satu suro. Berikut jadwal dan rute kirab malam 1 Suro 2023 di Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Memasuki masuknya 1 Suro Jimawal 1957 atau 1 Muharam 1445 Hijriah, di Solo, Jawa Tengah akan ada dua kirab dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaran.

Kirab Pusaka Dalem Pura Mangkunegaran akan digelar hari ini, Selasa (18/7/2023) malam. Sementara Kirab Keraton Surakarta pada Rabu (19/7/2023) malam.

Masyarakat Solo dan sekitarnya yang ingin menyaksikan arak-arakan diimbau untuk menyimak jadwal dan rutenya.

"Masyarakat bisa turut memeriahkan rangkaian kirab ini, memperingati masuknya bulan Suro/Muharam, salah satu bulan yang diagungkan," tulis Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melalui Instagramnya, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Doa Malam 1 Suro, Baca Ayat Kursi dan Doa Awal Tahun Baru Setelah Magrib

Jadwal dan Rute Kirab Malam 1 Suro 2023 di Pura Mangkunegaran

Kirab Pusaka Dalem akan diadakan malam ini mulai pukul 19.00 WIB. Prosesi kirab diawali dengan ritual di depan Pendapa Agung Pura Mangkunegaran. Setelah itu barisan akan menuju Pamedan yang diikuti keluarga inti, kerabat keluarga, abdi dalem, dan para tamu undangan.

Kirab dimulai dengan rute dari gerbang utama Pura Mangkunegaran di Jalan Ronggowarsito, berbelok ke kanan ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Mengenal Kebo Bule, Pengawal Pusaka Kyai Slamet di Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta

Jadwal dan Rute Kirab Malam 1 Suro 2023 di Keraton Surakarta

Adapun Keraton Surakarta akan menggelar Kirab Pusaka, besok mulai pukul 20.00 WIB dan akan diikuti 5.000 orang. Nantinya kirab akan menampilkan arakan kerbau bule keturunan Kiai Slamet.

Kirab pusaka malam 1 Suro akan melewati rute yang sama seperti pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Kirab pusaka malam 1 Suro Keraton Solo mengambil rute Supit Urang, Jalan Pakubuwana, Gapura Gladag, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi dan kembali ke Keraton Solo.

Bagi masyarakat yang ingin datang menyaksikan kirab diimbau untuk tidak menyalakan lampu flash karena akan membuat takut kerbau bule. Selain itu, pengunjung juga diimbau untuk tidak memakai pakaian yang warnanya mencolok.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x