Kompas TV entertainment musik

Marak Penipuan Tiket Konser Coldplay, Polisi akan Bikin Daftar Akun Medsos yang Diduga Terlibat

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 13:19 WIB
marak-penipuan-tiket-konser-coldplay-polisi-akan-bikin-daftar-akun-medsos-yang-diduga-terlibat
Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers terkait penangkapan empat pelaku penipuan tiket konser Coldplay, Senin (5/6/2023). (Sumber: Kompas.com/Rizky Syahrial)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Demi mencegah adanya korban tambahan dalam kasus penipuan konser Coldplay, kepolisian berencana membuat daftar akun media sosial (medsos) yang diduga terlibat penipuan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan penyelenggara konser Coldplay dalam membuat daftar tersebut.

“Kami akan bantu ya, karena kami kan harus bertanya ke penyelenggara. Kami kan enggak bisa tahu, sebagaimana penyelenggara enggak pernah ada proses sama kita, enggak pernah menyampaikan bahwa akun ini ada,” kata Auliansyah, Senin (5/6/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Ini Peran 4 Pelaku Penipuan Tiket Coldplay di Sulsel: Bikin Akun IG hingga Sediakan Dompet Digital

Sejauh ini, polisi telah menangkap pelaku penipuan tiket konser Coldplay di berbagai kota. Hingga kini, kasus tersebut masih terus memakan korban.

Untuk itu, Auliansyah mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati melakukan transaksi pembelian tiket yang beredar di media sosial.

“Pandai-pandailah bermedia sosial. Jangan sampai tergiur dengan ajakan yang belum tentu benar,” tegas dia.

Hingga kini, Polda Metro Jaya telah menangkap dua komplotan penipu tiket konser Coldplay yang menggunakan media sosial sebagai salah satu media penipuan.


 

Pertama, tersangka inisial ABF dan W yang ditangkap di Yogyakarta. Keduanya menggunakan akun Twitter @findtrove_id untuk menipu 60 korban. Kerugian puluhan korban tersebut mencapai Rp257 juta.

Baca Juga: Kronologi Penipuan Tiket Coldplay di Sulsel, Pelaku Sebut Tiket Habis, Lalu Klaim Punya Dua Tiket

Kedua, tersangka inisial MS, MHH, AB, dan A yang ditangkap di Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka menggunakan akun Instagram @jastiptiket.coldplay untuk menggaet korban. Komplotan ini berhasil menipu tiga korban dan meraup untung Rp20,3 juta.

Selain di Polda Metro Jaya, sejumlah kepolisian daerah lain juga mendapati adanya laporan penipuan tiket konser Coldplay, yakni Polda Kepulauan Riau hingga Polda Jawa Tengah.

Bareskrim Polri juga menerima satu laporan polisi dari beberapa korban dengan dugaan kerugian lebih dari Rp40 juta.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x