Kompas TV entertainment musik

Rhoma Irama Mengaku Terinspirasi Deep Purple Ketika Lakukan Gebrakan di Genre Musik Dangdut

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 13:24 WIB
rhoma-irama-mengaku-terinspirasi-deep-purple-ketika-lakukan-gebrakan-di-genre-musik-dangdut
Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih. (Sumber: Tribun )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Akibat pernah nonton konser Deep Purple yang pertama di Indonesia, Rhoma Irama bisa melalukan banyak gebrakan untuk mengenalkan musik dangdut secara luas dengan pakem yang sudah lebih matang sebagai sebuah genre. 

Ternyata semua itu terinspirasi dari grup band rock legendaris asal Inggris, yakni Deep Purple.

Deep Purple sendiri pernah tampil di Indonesia pada tahun 1975, mereka tampil dalam dua hari, yakni tanggal 4 dan 5 Desember.

Saat itu, Deep Purple digawangi David Coverdale (vokal), Ritchie Blackmore (gitar), Jon Lord (keyboards), Glenn Hughes (bas, vokal), dan Ian Paice (drum).


 

Tujuan Deep Purple saat itu untuk tur promosi album terbaru mereka, Come Taste the Band

Menurut Rhoma, kedatangan Deep Purple ke Indonesia kala itu menjadi ilham tersendiri bagi banyak band di Indonesia, termasuk Soneta yang ia bentuk. 

Rhoma menjelaskan, konsep, fasilitas, peralatan, dan persiapan yang ditunjukkan Deep Purple ketika mengentak stadion Gelora Bung Karno kala itu membuatnya belajar bagaimana membentuk band yang matang. 

Baca Juga: Jelang Konser Deep Purple di Solo, Gibran: Presiden dan Pak Ganjar Sudah Beli Tiket

“Nah jadi karena saya terinspirasi dari band rock luar yang datang ke Indonesia saat itu, Deep Purple tahun 75, kebetulan saya juga melakukan revolusi musik yang namanya sound system, lighting system, sama dengan Deep Purple,” ucap Rhoma seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Kata Rhoma, Soneta akhirnya melakukan hal yang sama dengan membawa berbagai keperluan dan kelengkapan alat agar bisa tampil maksimal untuk menghibur para penggemar musik dangdut. 

“Itu kapasitasnya kira-kira 100.000 watt, nah sebelumnya orkes melayu kan biasanya cuma 50 watt. Nah ini semua bawaan pentas kita bawa sendiri,” jelas Rhoma. 

Apa yang dilakukan Rhoma Irama tak sia-sia, Soneta lantas dikenal sebagai super grup dangdut pertama dan satu-satunya yang dikenal megah dan matang saat tampil. 

“Masa itu luar biasa penampilan Soneta saat itu, panggung raksasa, sound system yang ratusan ribu (watt). Nah kira-kira Soneta ingin equal (setara) lah sama Deep Purple band rock saat itu,” ucap Rhoma.

Seperti diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menkonfirmasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan hadir di konser band legendaris asal Inggris, Deep Purple yang bakal berlangsung di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat (10/3/2023). 

Gibran menyebut Jokowi sudah membeli tiket, selain itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga dipastikan akan hadir. 

"Sudah ada pembelian tiket dari beliau (Presiden Jokowi). Pak Gubernur (Ganjar Pranowo) juga sudah beli tiket, dan tokoh-tokoh lain juga beli tiket ya," kata Gibran, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/3) dikutip dari Kompas.com. 

Baca Juga: Selvi Ananda sebut Jan Ethes Beritahu Soal Jokowi akan Nonton Konser Deep Purple: Besok Mbah Pulang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x