Kompas TV entertainment musik

Momen Haru Saat Lewis Capaldi Bernyanyi di Tengah Gejala Sindrom Tourette

Kompas.tv - 28 Februari 2023, 15:23 WIB
momen-haru-saat-lewis-capaldi-bernyanyi-di-tengah-gejala-sindrom-tourette
Lewis Capaldi mengalami gangguan tic karena sindrom Tourette saat konser. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

FRANKFURT, KOMPAS.TV - Penyanyi Lewis Capaldi tengah dibanjiri pujian usai klip video dirinya mengalami gejala sindrom Tourette di atas panggung menjadi viral.

Selasa (21/2/2023), Lewis Capaldi manggung di Frankfurt, Jerman, dan menyanyikan lagu penutupnya, “Someone You Loved”. Saat dia mencoba melewati reff terakhir, gangguan tic muncul dan tak bisa dikendalikan.

Momen haru itu pun terjadi. Para penggemar membantunya menyanyikan reff terakhir dari lagu tersebut. Namun demikian, penyanyi asal Skotlandia itu masih berusaha menyelesaikan lagu tersebut.

Baca Juga: Kisah Bocah Fanesa Pengidap Sindrom Langka, Kini Jalani Terapi Gratis

Klip tersebut pun menuai komentar dan pujian dari netizen.

Melansir Rolling Stone, Lewis Capaldi mengungkapkan diagnosis sindrom Tourette pada September lalu. Pelantun “Before You Go” itu berterus terang kepada penggemar tentang perjuangannya melawan gangguan tic.

Dalam Instagram Live beberapa waktu lalu, dia bercerita bagaimana akhirnya dia mengerti mengapa dia sering mengalami kedutan yang tidak disengaja. Dia juga memperhatikan tic-nya dalam wawancara pada 2018 lalu.

Baca Juga: Awal Mula Bondan Diajak Raisa Naik Panggung, Nyanyikan “Mantan Terindah” hingga Telepon Mantan

Capaldi mengatakan, gangguan tic itu muncul ketika dia sedang sangat bersemangat mau pun saat sedang stres. Bahkan, dalam beberapa waktu, ganggung itu begitu menyakitkan baginya.

“Hal terburuk tentang itu adalah ketika saya bersemangat saya mendapatkannya, ketika saya stres, saya mendapatkannya, ketika saya senang saya mendapatkannya,” ungkap Lewis Capaldi beberapa waktu yang lalu.

“Itu terjadi sepanjang waktu. Beberapa hari ini lebih menyakitkan daripada yang lain dan beberapa hari ini tidak terlalu menyakitkan.”

Baca Juga: Hadirkan Genre Pop Klasik Kekinian, Ini Rekomendasi Lagu Kugiran Masdo yang Bisa Dinikmati

Lewis Capaldi juga bercerita bahwa dia sempat dituduh mengonsumsi narkoba lantaran kepalanya bergerak-gerak tanpa bisa dikendalikan.

“Orang-orang berpikir saya sering menggunakan kokain, tidak. Saya adalah duta untuk Tourette dan saya akan menerimanya,” tegas Capaldi.

Selain Lewis Capaldi, sindrom Tourette dialami oleh David Beckham, Billie Eilish, Tim Howard, hingga artis Indonesia, Tora Sudiro.



Sumber : Rolling Stone


BERITA LAINNYA



Close Ads x