Kompas TV entertainment selebriti

Athalla Naufal Sebut Venna Melinda Sering Teriak dan Menangis Pasca-Alami KDRT dari Ferry Irawan

Kompas.tv - 15 Januari 2023, 12:18 WIB
athalla-naufal-sebut-venna-melinda-sering-teriak-dan-menangis-pasca-alami-kdrt-dari-ferry-irawan
Athalla Naufal ungkap kondisi terkini Venna Melinda usai mengalami KDRT dari suami, Ferry Irawan. (Sumber: Kolase Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putra kedua Venna Melinda, Athalla Naufal mengungkap perubahan psikis ibunya pasca-mengalami dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari ayah sambungnya, Ferry Irawan.

Athalla mengatakan, Venna Melinda sempat mengigau setiap malam. Itulah yang membuat adik Verrel Bramasta itu khawatir dengan kondisi ibunya.

Bahkan, aktor 23 tahun itu menyebut Venna Melinda kerap tiba-tiba berteriak hingga menangis.

"Sempet kayak mengigau-ngigau gitulah tiap malam. Teriak tiba tiba. Dia sempet nangis juga," tutur Athalla Naufal, Sabtu (14/1/2023) dikutip dari Tribunnews.

Athalla bercerita, ibunya sempat mencurahkan kekecewaan dan mengaku masih tak menyangka dengan apa yang dialaminya.

Baca Juga: Menolak Dipeluk Ferry Irawan, Athalla Naufal: Aku Enggak Perlu Permintaan Maaf

"Dia bilang 'kok Mama baru ngerasa sedihnya sekarang ya'. Masih nggak percaya semuanya secepet itu," paparnya.

Tips Memulihkan Mental Korban KDRT

Dampak fisik korban KDRT bisa sembuh setelah diobati di pelayanan fasilitas kesehatan. Namun, dampak psikis atau trauma dapat melekat dan kambuh kapanpun.

Hal itu diungkapkan oleh Dosen Keperawatan Jiwa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Uswatun Hasanah.

Menurutnya, trauma merupakan kondisi yang sulit untuk disembuhkan, butuh waktu yang lama bahkan bertahun-tahun agar korban kekerasan dapat betul-betul terlepas dari rasa traumanya.

“Oleh sebab itu perlu segera dilakukan penanganan maupun pendampingan psikologis bagi korban KDRT agar tidak mengalami stress pasca trauma,”tutur Uswatun Rabu (5/10/22) dikutip dari laman um.ac.id.

Uswatun pun memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendampingi proses pemulihan kondisi psikis korban KDRT, antara lain :

1. Mengamankan diri

Untuk menghidari dampak kekerasan yang semakin luas adalah dengan mengamankan diri ke tempat aman, termasuk dalam hal menjauhkan diri dari pelaku.

2. Mencari dukungan 

Dukungan penuh dari orang terdekat adalah salah satu faktor yang dapat menguatkan secara diri terutama secara psikis.

3. Bercerita

Menceritakan peristiwa yang dialami merupakan salah satu bentuk terapi. Tentu saja saat memutuskan untuk bercerita kita memilih orang yang tepat yang bisa dipercaya. 



Sumber : Kompas TV, Tribunnews

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.