Kompas TV entertainment lifestyle

Tak Hanya Bikin Sehat, Bersepeda Juga Bisa Mengecilkan Perut, Begini Caranya

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 16:23 WIB
tak-hanya-bikin-sehat-bersepeda-juga-bisa-mengecilkan-perut-begini-caranya
Ilustrasi. Bersepeda merupakan salah satu olahraga aerobik yang bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan perut buncit. (Sumber: Pexels/Nasirun Khan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perut buncit merupakan masalah besar bagi sebagian dari kita. Tak sedikit yang ingin menghilangkan lemak dan mengecilkan perut.

Dokter medis dan pelatih kebugaran, Aishah Iqbal, mengatakan bersepeda merupakan salah satu olahraga aerobik yang bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan perut buncit.

"Menggunakan sepeda adalah salah satu bentuk latihan aerobik dan menggabungkannya dengan beberapa latihan kekuatan bisa sangat efektif," kata Iqbal, seperti dikutip dari Live Science.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Mulai dari Berolahraga hingga Mengurangi Stres

Duke University Medical Center melakukan studi yang membandingkan efek latihan aerobik dengan latihan ketahanan. Hasilnya, latihan aerobik lebih baik bagi mereka yang ingin membakar lemak di perut ketimbang latihan ketahanan.

Lantas, bagaimana cara bersepeda untuk mengecilkan perut yang buncit?

Dilansir Bike Radar, terdapat dua tips menghilangkan perut buncit dengan bersepeda, yakni dengan mempertahankan kecepatan yang stabil dan latihan interval.

Mempertahankan Kecepatan yang Stabil

Meski otot perut Anda tidak bekerja sekeras otot paha depan dan bokong saat bersepeda, sifat aerobik pada olahraga sepeda, cukup untuk membakar lemak.

Caranya dengan mempertahankan kecepatan yang stabil alias menjaga intensitas bersepeda tetap rendah agar pembakaran lemak optimal.

Latihan intensitas rendah semacam ini membakar lemak lebih banyak daripada intensitas tinggi.

Baca Juga: Musim Libur Tiba, Simak Tips Menjaga Kesehatan agar Tetap Bugar selama Liburan

Latihan Interval

Untuk benar-benar mendorong pembakaran kalori, tambahkan beberapa latihan interval. Jika Anda tak memiliki banyak waktu, cukup lakukan enam set latihan interval, masing-masing berlangsung selama dua menit dengan istirahat 30 detik di antaranya.

Anda dapat membakar banyak kalori dalam waktu singkat dengan melakukan interval. Metabolisme juga akan meningkat selama 12 jam berikutnya.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat di Pagi Hari Bisa Bikin Berat Badan Turun?

Jika Anda ingin lebih serius dalam mengecilkan perut, Anda bisa mengombinasikan olahraga sepeda ini dengan beberapa latihan, seperti plank, yoga, pilates, hingga angkat beban.

Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan asupan kalori, serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.


 



Sumber : Live Science, Bike Radar


BERITA LAINNYA



Close Ads x