Kompas TV entertainment lifestyle

Musim Libur Tiba, Simak Tips Menjaga Kesehatan agar Tetap Bugar selama Liburan

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 03:35 WIB
musim-libur-tiba-simak-tips-menjaga-kesehatan-agar-tetap-bugar-selama-liburan
Ilustrasi. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting, tak terkecuali selama liburan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama berlibur. (Sumber: Eddy Billard on Unsplash)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Musim liburan telah tiba. Banyak orang telah merencanakan liburan akhir tahun sejak jauh-jauh hari. Tapi masalah kesehatan bisa menghancurkan liburan Anda bersama keluarga atau teman-teman terdekat. 

Karena itu, menjaga kesehatan adalah hal yang penting, tak terkecuali selama liburan.

Penyebaran virus atau penularan penyakit dapat terjadi ketika Anda bertemu sanak saudara, teman, atau orang asing ketika berlibur.

Banyak sumber data menyebut, pola makan tinggi gula, berlemak, dan minim gizi mungkin juga mewarnai momen liburan Anda. Sebab itu, menerapkan gaya hidup sehat tetap penting agar terhindar dari sakit selama dan setelah liburan.

Dikutip dari laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Healthline, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama liburan.

1. Mencuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman, bakteri, atau virus. Sebaiknya, cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir minimal selama 20 detik.

2. Hindari menyantap makanan olahan

Makanan olahan seperti daging atau ikan kaleng dan sayuran kering, memang sederhana untuk dijadikan perbekalan selama berlibur.

Namun, makanan olahan cenderung tinggi garam, gula, dan kolesterol. Karena itu, Anda sebaiknya memasak sendiri menggunakan daging, ikan, sayuran, dan buah segar.

Baca Juga: Simak Tips Cegah Penipuan Sniffing Bermodus Kurir Paket Kirim Foto ke WhatsApp

3. Kontrol porsi makan

Berbagai makanan lezat mungkin menggoda Anda untuk makan lebih banyak. Namun, makan berlebihan selama liburan bisa menyebabkan penambahan berat badan.




Sumber : Kompas TV/CDC/Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x