Kompas TV entertainment lifestyle

Jelang Libur Akhir Tahun, Kebun Raya Purwodadi Menangkan East Java Tourism Award 2022

Kompas.tv - 16 Desember 2022, 02:05 WIB
jelang-libur-akhir-tahun-kebun-raya-purwodadi-menangkan-east-java-tourism-award-2022
Arsip foto Kebun Raya Porwodadi. | Tempat wisata yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur itu  baru saja diganjar penghargaan East Java Tourism Award 2022. (Sumber: Surya Malang)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

PASURUAN, KOMPAS.TV - Kebun Raya Purwodadi di Pasuruan baru saja diganjar penghargaan East Java Tourism Award 2022 jelang perayaan libur Hari Natal dan Tahun Baru 2023.

General Manager Kebun Raya Purwodadi Galendra Jaya berharap apresiasi ini bisa membuat kebun raya kian dikenal masyarakat.

"Semoga prestasi ini membuat Kebun Raya Purwodadi semakin dikenal, dan menjadi tujuan wisata, serta referensi ilmu pengetahuan di Indonesia,” kata Galendra, Kamis (15/12/2022).

Guna memaksimalkan fungsi edukasi Kebun Raya Purwodadi, PT MNR selaku pengelola sudah melakukan berbagai inovasi. Beberapa di antaranya yakni peningkatan fasilitas umum berupa tempat ibadah dan toilet, serta penjualan tiket secara daring.

Baca Juga: Berani Coba Wisata ke Yogyakarta Lewat Live CCTV? Ini Linknya

“Sebagai pengelola empat kebun raya di Indonesia, PT MNR berkomitmen mendukung penuh terwujudnya lima fungsi kebun raya secara optimal," terang Galendra.

"Selain berfungsi sebagai tujuan wisata dan jasa lingkungan, juga menjadi tempat konservasi tumbuhan, penelitian dan pendidikan lingkungan," sambung dia.

Berdiri di atas area seluas 85 hektar, Kebun Raya Purwodadi mengoleksi tumbuhan dataran rendah kering, seperti anggrek, polong-polongan, palem, bambu dan tanaman obat.

Tempat ini dibangun sejak 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking, atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten, dalam upaya pemekaran Kebun Raya Bogor.

Baca Juga: Profil Kepulauan Widi yang Hendak Dilelang di Situs Asing, Jadi Surga Nelayan dan Wisatawan

Sebagai informasi, PT MNR juga mengelola tiga kebun raya lain di Indonesia, meliputi Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Eka Karya di Bali.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x