Kompas TV entertainment lifestyle

Alpukat Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Pahami Porsi Konsumsi yang Sesuai

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 15:40 WIB
alpukat-punya-banyak-manfaat-bagi-kesehatan-pahami-porsi-konsumsi-yang-sesuai
Ilustrasi buah alpukat yang mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV – Tahukah kamu alpukat digadang-gadang sebagai makanan super (superfood) karena memiliki kandungan gizi yang luar biasa.

Mengutip mayoclinic.org, makanan super ini merupakan makanan berlemak tinggi dengan lebih dari setengah kandungan lemaknya berasal dari lemak tak jenuh tunggal.

Beberapa orang mungkin ragu untuk mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori. Namun, lemak ini bisa menjadi nutrisi yang bagus untuk bahan bakar tubuh jika berasal dari sumber lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang tinggi.

Manfaat kandungan lemak dan serat yang tinggi dalam alpukat juga membantu kita merasa kenyang atau kenyang setelah makan. Selain itu, lemak membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak A, D, E, dan K.

Kandungan nutrisi alpukat

Setengah buah alpukat (sekitar 100 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 130 kalori
  • 15 gram lemak
  • 7 gram serat
  • 2 gram protein
  • 29 miligram magnesium
  • 0,081 miligram folat

Manfaat alpukat bagi kesehatan

Menurut para ahli, inilah manfaat alpukat untuk Kesehatan, dirangkum dari Kompas.com:

Baca Juga: Skincare Alami dari Alpukat dapat Membantu Kulit Terhindar Jerawat, Begini Caranya

1. Mendukung kesehatan jantung

"Alpukat mengandung fitonutrien beta-sitosterol yang terbukti membantu menjaga kadar kolesterol sehat," jelas Alyssa Wilson, RDN, ahli diet dan pelatih metabolisme di Signos.

Beta-sitosterol adalah fitosterol yang strukturnya mirip dengan kolesterol dan memicu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh melalui sistem ekskresi hepatobilier.

Terdapat dua jenis lemak sehat dalam buah berwarna hijau ini, yaitu asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Kedua asam lemak tersebut bekerja menurunkan kadar kolesterol LDL alias kolesterol jahat dalam darah.

 2. Menjaga kesehatan usus

Alpukat berperan mendukung kesehatan usus berkat kandungan serat di dalamnya. Alpukat berukuran sedang mengandung 3,4 gram serat atau sekitar 9-16 persen dari kebutuhan serat harian.

"Serat makanan utuh menghasilkan mikrobiota beragam. Semakin sehat bakteri usus kita, semakin sehat pula kita" terang praktisi terapi nutrisi fungsional Heather Munnelly, FNTP.

3. Melembapkan dan menutrisi kulit

Munnelly menjelaskan, alpukat kaya akan asam oleat, jenis asam lemak yang ditemukan dalam minyak alpukat dan minyak zaitun.  

Asam oleat tersebut memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya berkaitan dengan kesehatan kulit. Dalam hal ini, tubuh dapat memanfaatkan asam lemak oleat untuk menutrisi dan mengunci kelembapan kulit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x