Kompas TV entertainment selebriti

7 Sumber Mata Air Prosesi Siraman Kaesang Pangarep, dari Rumah Jokowi hingga Keraton Kasunanan

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 08:03 WIB
7-sumber-mata-air-prosesi-siraman-kaesang-pangarep-dari-rumah-jokowi-hingga-keraton-kasunanan
Ilustrasi. Air untuk prosesi siraman pengantin Kaesang Pangarep diambil dari tujuh sumber mata air. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Dalam prosesi adat siraman Kaesang Pangarep, rupanya air yang digunakan akan diambil dari tujuh sumber mata air.

Diketahui, prosesi siraman Kaesang akan dilaksanakan di kediaman Presiden Joko Widodo di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) mendatang.

Dilansir dari Tribun Solo, Selasa (6/12/2022), ketujuh sumber air itu di antaranya terletak di Masjid Agung, Al Wustho Solo, dari wilayah Pengging, rumah orang tua Jokowi, Boyolali, mata air Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, dan rumah kediaman keluarga Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pada pernikahannya dahulu, ia juga menggunakan ketujuh sumber mata air tersebut.

Baca Juga: Total 7.500 Personel Kawal Pernikahan Kaesang-Erina, Bakal Ada Tamu VVIP dari Luar dan Dalam Negeri

Gibran menyebut seluruh saudara kandung Jokowi dan Iriana juga akan ikut menyiram Kaesang.

"Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Jadi nanti pakde dan budhe semuanya karena mereka sudah pernah mantu," ujar Gibran, Senin (5/12/2022).


 

Adapun prosesi siraman Erina Gudono sebagai mempelai wanita akan dilaksanakan di kediamannya di Jalan Lombok, Purwosari, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Siraman, yo ora oleh dadi siji. Siraman kan di rumahe dewe-dewe. Siraman dewe-dewe," ujarnya.

Apa Itu Prosesi Siraman?

Siraman merupakan salah satu rangkaian prosesi pernikahan adat Jawa yang dilakukan untuk mengawali merias calon pengantin.

Filosofi tradisi siraman adalah untuk membersihkan lahir maupun batin calon pengantin, sehingga ketika dirias, maka wajahnya akan bersinar dan beraroma wangi. 



Sumber : Kompas TV, Tribun Solo


BERITA LAINNYA



Close Ads x