Kompas TV entertainment selebriti

Oki Setiana Dewi Raih Gelar Doktor ke-2, Ditanya Lebih Tegang Ceramah atau Ujian oleh Guru Besar

Kompas.tv - 2 November 2022, 01:05 WIB
oki-setiana-dewi-raih-gelar-doktor-ke-2-ditanya-lebih-tegang-ceramah-atau-ujian-oleh-guru-besar
Oki Setiana Dewi usai menjalani sidang promosinya untuk gelar doktor di Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran Jakarta, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa (1/11/2022). (Sumber: Kompas.com/Baharudin Al Farisi)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktris cum pendakwah Oki Setiana Dewi kembali meraih gelar doktor usai menyelesaikan sidang terbuka di Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Sebelumnya, Oki Setiana Dewi sudah pernah mendapatkan gelar doktor usai merampungkan studinya di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Pengkajian Islam konsentrasi Komunikasi dan Dakwah pada 2020 lalu.

Gelar doktor kedua Oki ini diraih dengan disertasi yang berjudul “Pendidikan Moderasi Beragama dalam Keluarga Berbasis Al Quran”.

Baca Juga: Tsania Marwa Sukses Raih Gelar S2, Judul Tesis Jadi Sorotan

“Atas izin Allah dan support serta pertolongan dari orang-orang sekitar, terutama suami. Karena, saya pribadi termasuk orang yang, 'nanti sajalah', 'kerja sajalah', tapi beliau yang selalu support. Alhamdulillah, hari ini bisa selesai,” kata Oki  saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, seperti dikutip dari Kompas.com.

Perempuan 33 tahun itu lantas menceritakan ketegangannya di dalam ruang sidang. Sebelum sidang terbuka berlangsung, seorang guru besar pun terlihat mencairkan suasana.

“Profesor suka tanya, ‘Oki lebih tegang ceramah atau lebih tegang ujian?’ Pastinya lebih tegang ujian,” ungkap Oki.

Dia pun merasakan mual, sakit perut, hingga tangan yang dingin. Beruntung, sidang terbuka kali ini berhasil dilewati dalam waktu 1,5 jam.

Baca Juga: Luar Biasa! 1,5 Tahun Raih Gelar 2 Doktor

Momen bahagia Oki Setiana Dewi kali ini cukup berbeda karena tak didampingi ayahnya yang sudah meninggal dunia.

“Memang ada yang berbeda dari wisuda atau sidang promosi tahun 2020, dua tahun silam. Karena, dua tahun silam saya wisuda didatangi oleh almarhum papa. Namun, kali ini, almarhum papa sudah tiada,” ujar Oki Setiana Dewi.

Kendati demikian, Oki tetap bersyukur karena masih ada dua adiknya, Shindy Kurnia Putri dan Ria Ricis, serta suaminya, Ory Vitrio, dan sang ibu, Yunifah Lismawati.

Baca Juga: Berkenalan dengan Mevi Primaliza, Hakim Perempuan Muda yang Capai Gelar Doktor di Usia 28 Tahun!

Sebagai informasi, Oki Setiana Dewi sebelumnya mengenyam pendidikan S1 di Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda.

Kemudian, melanjutkan S2 di Universitas Negeri Jakarta program pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x