Kompas TV entertainment selebriti

Berduka atas Insiden Itaewon, Manajemen Para Bintang K-Pop Serentak Batalkan Konser

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 20:12 WIB
berduka-atas-insiden-itaewon-manajemen-para-bintang-k-pop-serentak-batalkan-konser
Wali Kota Seoul Oh Se-hoon mendoakan korban insiden perayaan Halloween maut di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Minggu (30/10/2022). (Sumber: Ahn Young-joon/Associated Press)

SEOUL, KOMPAS.TV - Manajemen bintang-bintang K-Pop Korea Selatan serentak membatalkan acara konser sehubungan peristiwa perayaan Halloween maut yang terjadi di Itaewon, Seoul, Sabtu (29/10/2022) malam tadi. Acara-acara parade dan festival memperingati Halloween lain juga dibatalkan.

Pemerintah Korea Selatan sendiri telah menetapkan masa berkabung nasional sejak Minggu (30/10) hingga 5 November mendatang. Bendera setengah tiang berkibar di kantor-kantor pemerintahan Korea Selatan.

Selama masa berkabung ini, melansir Yonhap, sederet festival dan konser bintang-bintang K-Pop dibatalkan. 

Baca Juga: Tak Hanya Tragedi Itaewon dan Kanjuruhan, Ini 5 Insiden Massal Terburuk dalam 10 Tahun Terakhir

Big Hit, manajemen BTS, mengumumkan bahwa semua aktivitas promosi single debut solo anggota BTS, Jin berjudul "The Astronaut" dibatalkan. Jin berkolaborasi dengan bintang pop Inggris Raya, Coldplay dalam tembang ini.

Sementara itu, SM Entertainment yang membawahi Girls Generation, EXO, Super Junior, NCT, dan aespa menyatakan acara perayaan Halloween yang dijadwalkan pada Minggu (30/10) dibatalkan.

Festival megah Busan OneAsia yang sedianya menghadirkan 40.000 penoton dan mengundang bintang-bintang K-Pop di Busan juga dibatalkan. 

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengunjungi lokasi kejadian pada Minggu (30/10). Yoon menyebut pemerintahannya akan berfokus memberi dukungan ke korban sebelum menginvestigasi insiden ini.

Diperkirakan ada sekitar 100.000 orang yang memadati kawasan Itaewon pada malam tragedi. Gelombang massa di gang sempit mengakibatkan impitan kerumunan yang menimbulkan korban jiwa.

Per Minggu (30/10) sore, korban jiwa akibat insiden di Itaewon mencapai 153 orang, sedangkan 103 orang mengalami luka-luka.

Baca Juga: Pemerintah Korsel: Peningkatan Kerumunan di Itaewon Tak Begitu Besar, Banyak Cerita di Balik Tragedi



Sumber : Kompas TV/Yonhap


BERITA LAINNYA



Close Ads x