Kompas TV entertainment lifestyle

10 Oktober Hari Kesehatan Mental Dunia 2022, Waspada Tingkat Bunuh Diri Remaja

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 06:35 WIB
10-oktober-hari-kesehatan-mental-dunia-2022-waspada-tingkat-bunuh-diri-remaja
Hari Kesehatan Mental Dunia atau World Mental Health Day 2022 hari ini 10 Oktober. (Sumber: mentalhealth.uk)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Kesehatan Mental Dunia atau World Mental Health Day diperingati setiap tahun tanggal 10 Oktober.

Pada tahun ini, Hari Kesehatan Mental Dunia 2022 jatuh pada Senin (10/10/2022).

Pentingnya kesehatan mental memang telah menjadi perhatian dan prioritas semua pihak.

Adapun tema Hari Kesehatan Mental 2022 ini telah diumumkan oleh World Federation for Mental Health (WFMH) yaitu Jadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global.

Baca Juga: Kenali Gejala Gangguan Kesehatan Mental Social Anxiety Disorder

Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental di seluruh dunia.

Selain itu, gerakan ini juga bertujuan memobilisasi upaya untuk mendukung mereka yang mengalami masalah kesehatan mental. 

Menurut catatan World Health Organization (WHO), hampir satu dari tujuh remaja berusia 10 hingga 19 tahun hidup dengan beberapa bentuk kondisi kesehatan mental.

Bunuh diri adalah penyebab kematian paling umum kelima dalam kelompok usia ini, sementara 45.800 meninggal setiap tahun, satu setiap 11 menit.

Oleh karena itulah, perhatian mengenai kesehatan mental tak kalah penting dari kesehatan fisik.

“Kita harus memperdalam nilai dan komitmen yang kita berikan untuk kesehatan mental sebagai individu, komunitas, dan pemerintah dan mencocokkan nilai itu dengan lebih banyak komitmen, keterlibatan, dan investasi oleh semua pemangku kepentingan, di semua sektor," ujar WHO dalam kampanyenya.

Sejarah Hari Kesehatan Mental Dunia

Dilansir dari laman National Today, Hari Kesehatan Mental Sedunia dicetuskan oleh WFMH pada tahun 1992 yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter.

Tujuannya saat itu untuk mengedukasi kesehatan mental secara keseluruhan kepada masyarakat.

Baca Juga: Olahraga Lari Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Perayaan dilakukan dengan menayangkan siaran televisi di seluruh dunia yang menyampaikan pesan kepada masyarakat soal kesehatan mental.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang pertama pada 1994 adalah 'Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia'.

Hingga akhirnya mulai tahun 1995, Pan American Health Organization (PAHO) kampanye Hari Kesehatan Mental Sedunia menyebar ke Spanyol, Prancis, Rusia, Hindi, Jepang, Cina, dan Arab.

Setiap tahun sejak 2013, WHO telah menyelenggarakan kampanye global untuk Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. 

Di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), acara dan kegiatan diselenggarakan setiap tahun selama bulan Oktober untuk mempromosikan pentingnya kesehatan mental.



Sumber : WHO, UN.Org, MentalHealth.UK


BERITA LAINNYA



Close Ads x