Kompas TV entertainment selebriti

KPI Apresiasi Langkah Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar: KDRT Harus Diungkap ke Publik!

Kompas.tv - 1 Oktober 2022, 19:50 WIB
kpi-apresiasi-langkah-lesti-kejora-laporkan-rizky-billar-kdrt-harus-diungkap-ke-publik
KPI apresiasi langkah Lesti Kejora laporkan Rizky Billar atas dugaan KDRT. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengapresiasi langkah pedangdut Lesti Kejora yang langsung melaporkan tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang diduga dilakukan Rizky Billar suaminya, ke polisi.

Komisaris KPI Nuning Rodyah mengatakan bahwa langkah Lesti Kejora bisa menjadi edukasi bagi masyarakat untuk tidak berpikir dua kali melaporkan pelaku KDRT.

“Ini merupakan contoh yang baik bagi masyarakat bahwa KDRT bukan lagi menjadi wilayah privat yang harus disembunyikan, tapi ini harus diungkap ke publik,” kata Nuning, Sabtu (1/10/2022), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Anaknya Dapat KDRT dari Rizky Billar, Begini Respons Orang Tua Lesti Kejora

Menurutnya, keputusan Lesti Kejora untuk langsung melaporkan Rizky Billar ke polisi akan membuka mata publik bahwa KDRT bukan masalah keluarga yang harus ditutupi.

"Karena kalau disembunyikan akan berpotensi terjadinya pengulangan kekerasan serupa, apalagi korban atau keluarga di sekitar tidak berani melaporkan dan harus ada keberanian melaporkan kejahatan ini agar menimbulkan efek jera bagi pelaku," katanya.

Keberanian pelantun tembang Egois ini menjadi contoh agar para penyintas KDRT tidak takut untuk melapor ke pihak kepolisian.


Baca Juga: Kondisi Lesti Kejora di Rumah Sakit Masih Lemah usai Alami KDRT, Kerongkongannya Disebut Bergeser

Sebagai bentuk dukungan dalam upaya penghapusan tindak kejahatan KDRT, KPI telah memberikan imbauan kepada seluruh lembaga penyiaran untuk tidak menampilkan pelaku KDRT sebagai pengisi acara, penampil, maupun pemeran, dalam hal ini Rizky Billar.

Lembaga penyiaran diimbau untuk turut serta dalam penghapusan tindak kejahatan KDRT dengan tidak memberikan ruang bagi pelaku.

"Karena jika lembaga penyiaran memberi ruang kepada pelaku, maka itu akan menstimulasi perspektif dan persepsi publik bahwa KDRT adalah perilaku yang lumrah dan biasa karena yang bersangkutan masih bisa bebas tampil di televisi bahkan berpotensi diglorifikasi secara masif," tandas Nuning.

Sebagai informasi, Lesti Kejora melaporkan Rizky Billar atas dugaan KDRT ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: KPI Pusat Tegas Larang Pelaku KDRT Muncul di TV dan Radio

Insiden KDRT tersebut terjadi pada Rabu dini hari, di mana Lesti mendapati Billar telah berselingkuh di belakangnya. Dia pun minta dipulangkan ke rumah orang tuanya, tetapi Billar emosi dan melakukan kekerasan.

Bentuk kekerasan yang dilakukan adalah membanting dan mencekik Lesti. Akibatnya, Lesti mengalami cedera di leher dan lengannya.

Saat ini, Lesti Kejora dirawat di Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta. Sementara itu, Rizky Billar akan diperiksa penyidik pada pekan depan.

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x