Kompas TV entertainment film

7 Film Indonesia yang pernah Wakili Indonesia di Piala Oscar, Terbaru 'Ngeri-Ngeri Sedap'

Kompas.tv - 16 September 2022, 05:15 WIB
7-film-indonesia-yang-pernah-wakili-indonesia-di-piala-oscar-terbaru-ngeri-ngeri-sedap
Film Ngeri-Ngeri Sedap masuk top 10 Letterboxd. (Sumber: Instagram/@ngeringerisedapmovie)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Academy Award atau yang biasa dikenal Piala Oscar merupakan ajang penghargaan film Amerika dan internasional.  Acara ini sudah ada sejak tahun 1929 dan sampai saat ini masih terus dilaksanakan.

Beberapa judul film pernah menjadi wakil Indonesia untuk ajang penghargaan ini. Berikut beberapa film Indonesia yang pernah mewakili Indonesia di Piala Oscar.

1. Ngeri-Ngeri Sedap

Film yang baru rilis pada 2 Juni lalu ini terpilih menjadi wakil Indonesia untuk ajang Piala Oscar 2023.  Karya dari Bene Dion ini masuk ke dalam kategori Best International Feature Film. Ngeri-Ngeri Sedap juga menjadi film bergenre komedi kedua yang ikut ajang ini setelah Nagabonar di tahun 1986.

Baca Juga: Film "Ngeri-Ngeri Sedap" Wakili Indonesia di Oscar 2023, Deddy Mizwar: Semoga Berjaya

2. Yuni

Film ini juga masuk ke dalam kategori Best International Feature Film pada ajang Piala Oscar 2022. Garapan dari Kamila Andini ini dinilai cukup kuat untuk mewakili Indonesia karena pernah meraih Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021.

Namun hal tersebut belum cukup untuk meloloskan film Yuni menjadi nominasi dalam ajang ini.

3. Perempuan Tanah Jahanam

Film bergenre horor, Perempuan Tanah Jahanam mewakili Indonesia dalam Academy Award atau yang dikenal Piala Oscar 2021. Disutradarai oleh Joko Anwar dan dibintangi oleh Tara Basro dan artis papan atas lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.