Kompas TV entertainment film

Film "Ngeri-Ngeri Sedap" Wakili Indonesia di Oscar 2023, Deddy Mizwar: Semoga Berjaya

Kompas.tv - 13 September 2022, 14:35 WIB
film-ngeri-ngeri-sedap-wakili-indonesia-di-oscar-2023-deddy-mizwar-semoga-berjaya
Film Ngeri-Ngeri Sedap wakili Indonesia untuk ajang Oscar 2023. (Sumber: Instagram/@ngeringerisedapmovie)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film "Ngeri-Ngeri Sedap" akhirnya terpilih menjadi sinema yang mewakili Indonesia untuk mengikuti seleksi Oscar 2023.

Film bergenre komedi tersebut akan diajukan untuk kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award).

Seperti diketahui, Academy Awards ke-95 atau Oscar 2023 akan diadakan pada 12 Maret 2022.

"Ngeri - Ngeri Sedap" menjadi film kedua bergenre komedi dari Indonesia yang dipilih Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

Komite ini beranggotakan sembilan tokoh perfilman yakni Deddy Mizwar sebagai ketua, Zairin Zain selaku sekretaris, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi sebagai anggotanya.

Baca Juga: Film Ngeri-Ngeri Sedap Masuk Top 10 Letterboxd, Sutradara: Ga Masuk Akal

Untuk memilih film yang akan berkompetisi di Oscar, komite menayangkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan, dimulai Senin (12/9) pagi hingga petang.

Komite juga bekerja dalam tenggat waktu sebulan, termasuk untuk penetapan film pilihan.

Setelah melalui diskusi, untuk tahun ini dipilihlah "Ngeri-Ngeri Sedap" yang dinilai mampu bersaing dengan film negara lain di Oscar 2023.

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy Mizwar, dikutip dari Antara.

Setiap tahun Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi dialog non-inggris.

Tahun lalu, "Yuni" menjadi film yang terlilih wakili Indonesia di Oscar 2022. Namun, gagal menyabet piala.

Indonesia sendiri telah mengikuti ajang Academy Awards untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987 dengan "Nagabonar".

Baca Juga: Kata Komedian Lolox Lihat Luhut Nonton 'Ngeri-Ngeri Sedap': Dia Menangis, Aku Makin Senang

"Namun, sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang piala Oscar dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia," ujar Ilham Bintang selaku anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

"Ngeri-Ngeri Sedap" merupakan film berlatar belakang kehidupan keluarga suku Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern.

Saat penayangan di Bioskop, "Ngeri-Ngeri Sedap" mendapat lebih dari 3 juta penonton.

Film yang disutradarai Bene Dion Rajagukguk ini dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel. 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x