Kompas TV entertainment selebriti

Kisah Rhoma Irama Belajar Ngaji di "Pesantren Kolong Piano" dan di Balik Terciptanya Soneta

Kompas.tv - 2 September 2022, 12:50 WIB
kisah-rhoma-irama-belajar-ngaji-di-pesantren-kolong-piano-dan-di-balik-terciptanya-soneta
Rhoma Irama menceritakan masa kecilnya saat belajar mengaji di Pesantren Kolong Piano. (Sumber: Youtube Rhoma Irama Official)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terjun ke dunia musik di usia 11 tahun membuat Rhoma Irama harus pintar-pintar mengatur waktu untuk belajar agama Islam dan mengaji Al-Qur'an. Bahkan, Rhoma mengaku dirinya belajar mengaji di "Pesantren Kolong Piano".

Pria yang dijuluki Raja Dangdut itu sempat merasa takut dengan industri musik hingga memohon agar dunia musik dicabut dari hidupnya.

Berikut Kompas TV rangkum kisah Rhoma Irama belajar mengaji hingga latar belakang terbentuknya Soneta Grup dikutip dari video Youtube Rhoma Irama Official "Bisikan Rhoma #41: Nada & Dakwah Rhoma - UAS, Akankah Terjadi?".

1. Pesantren Kolong Piano

Rhoma Irama bercerita, sewaktu kecil ia hanya belajar mengaji secara autodidak dengan mencuri dengar.

Baca Juga: Dikaitkan dengan Putri Candrawathi, Cerita Angelina Sondakh Ditahan Saat Anaknya Usia 2,5 Tahun

"Saya mengaji secara tradisional dulu waktu saya masih kecil, kalo ada orang tua ngaji, saya ngintip, saya dengar. Ada ibu-ibu ngaji, saya intip, saya dengar. Curi-curi dengar lah," ujar penyanyi keturunan Sunda itu.

Ia mengaku tak belajar mengaji di lembaga pendidikan formal seperti pesantren.

Bahkan hingga dewasa, pelantun lagu "Satria Bergitar" itu mengatakan belajar agama dari Al-Qur'an kecil yang ia bawa ke mana pun.

"Kemudian waktu saya dewasa, saya bawa-bawa Al-Quran kecil, dulu belum ada gadget kan, belum ada Al-Quran di HP. Maka saya sering bilang "Bang Haji pesantren di mana?' Saya sering bilang 'Pesantren di kolong piano,'" ucap Rhoma.

Saat itu, kata Rhoma, kolong piano menjadi tempatnya untuk belajar mengaji di sela-sela aktivitas rekamannya.

"Dan itu betul, jadi studio rekaman itu ada grand piano, di bawah itu kita bisa tiduran, ketika istirahat rekaman, saya buka-buka Al-Quran di bawah piano itu, di kolong piano, katakanlah saya belajar sendiri," ungkapnya.

Baca Juga: Ridho Rhoma Masuk Penjara 2 Kali gegara Narkoba, Rhoma Irama Wanti-Wanti Hal Ini

2. Sempat Dilarang Bermusik



Sumber : Youtube Rhoma Irama Official


BERITA LAINNYA



Close Ads x