Kompas TV entertainment selebriti

Profil Irma Hutabarat, Aktivis yang Kehadirannya di Wisuda Brigadir J Jadi Sorotan

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 13:06 WIB
profil-irma-hutabarat-aktivis-yang-kehadirannya-di-wisuda-brigadir-j-jadi-sorotan
Irma Hutabarat, aktivis perempuan yang mendampingi keluarga Brigadir J datang ke wisuda di Universitas Terbuka (UT) (Sumber: Grid.ID / Virgilery Levana Clarence)
Penulis : Dian Septina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Irma Hutabarat, aktivis perempuan yang mendampingi keluarga Brigadir J datang ke wisuda di Universitas Terbuka (UT), Tangerang Selatan, pada Selasa (23/8/2022).

Irma hadir sebagai bentuk apresiasi dan dukungan atas almarhum Brigadir J, yang sebelum acara wisudanya sudah terlebih dulu tewas diduga dibunuh oleh atasannya Irjen Ferdy Sambo.

Seketika kehadiran Irma Hutabarat menjadi sorotan banyak pihak, termasuk kalangan awak media yang hadir dalam acara tersebut. Siapakah sosok Irma Hutabarat?

Baca Juga: Aktivis Irma Hutabarat Hadiri Wisuda Yoshua: Hari Ini Kita Melihat Cita-citanya, Walau..

Pemilik nama lengkap Irma Natalia Hutabarat itu memang selama ini dikenal memiliki jiwa sosial dan rasa peduli dengan kemanusiaan. 

Dilansir Tribunnews, Irma Hutabarat merupakan lulusan Universitas Indonesia dengan program studi sarjana Sastra Rusia.

Ia lahir di Jakarta pada 25 Desember 1962, mengawali kariernya di stasiun televisi swasta sebagai pembawa acara dan jurnalis pada tahun 2000. Dia juga pernah berkarier di sejumlah perusahaan swasta dan menjadi konsultan lembaga pemerintah.  


 

Memiliki jiwa sosial yang tinggi, Irma belakangan mendirikan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dengan nama Ice on Indonesia (Institute of Civic Education on Indonesia). 

Baca Juga: 2 Keinginan Brigadir Yoshua Usai Wisuda Diungkap Irma Hutabarat

Melalui LSM itu, Irma Hutabarat membantu pengurusan Asuransi Kesehatan untuk Warga Miskin (Askeskin).

Selain itu, untuk mewujudkan Sungai Citarum menjadi bersih, Irma Hutabarat melakukan penanaman vetitier di beberapa tempat.

Banyak hal lainnya yang telah dilakukan oleh Irma Hutabarat sebagai aktivis. Mulai dari menulis gagasannya di berbagai media, menjadi pembicara di beberapa tempat hingga menggagas Gerakan Citarum Care.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x