Kompas TV entertainment musik

Piala Grammy Tambah Kategori Pencipta atau Komposer Lagu Terbaik yang Dibawakan Orang

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 03:05 WIB
piala-grammy-tambah-kategori-pencipta-atau-komposer-lagu-terbaik-yang-dibawakan-orang
Grammy Awards ditampilkan di Grammy Museum Experience di Prudential Center di Newark, N.J. pada 10 Oktober 2017. Grammy mengumumkan penambahan lima kategori baru termasuk penulis lagu terbaik tahun ini, memberikan kesempatan bagi Recording Academy untuk menghormati komposer musik terbaik. (Sumber: AP Photo/Julio Cortez, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LOS ANGELES, KOMPAS.TV — Penghargaan Musik Amerika Serkat Piala Grammy menambahkan kategori penghargaan, yaitu pencipta atau komposer lagu terbaik yang tidak membawakan sendiri atau tidak memproduksi lagu ciptaannya sendiri untuk menghormati komposer musik terbaik.

Grammy juga menambah kategori penghargaan baru, yaitu lagu khusus tentang perubahan sosial terbaik.

Penghargaan Grammy yang biasa disebut Academy Award mengumumkan kategori penulis lagu non-klasik yang baru akan mengakui satu individu yang merupakan penulis lagu non-performing dan non-produksi "paling produktif" untuk kumpulan karya baru selama tahun penilaian.

Kategori ini mengambil pendekatan yang berbeda dari kategori song of the year, yang memberikan penghargaan kepada penulis lagu atau pencipta lagu yang menulis lirik atau melodi untuk sebuah lagu.

“Kategori baru ini benar-benar untuk orang yang ahli di bidang penulisan lagu,” kata CEO Recording Academy Harvey Mason jr kepada The Associated Press, Kamis (9/6/2022).

Penulis lagu harus telah menulis minimal lima lagu di mana mereka diakui “semata-mata” sebagai penulis lagu atau rekan penulis lagu (co-songrwiter).

"Seseorang yang menulis musik dan merekamnya sendiri tidak akan memenuhi syarat," kata Harvey, seraya menekankan, "Mereka harus membuat lagu untuk orang lain. Kami ingin menyoroti keahlian menulis lagu secara profesional untuk artis."

Baca Juga: Profil Olivia Rodrigo, Viral Bareng V BTS dan Bawa Pulang 3 Piala Grammy Awards 2022

Olivia Rodrigo, Pemenang 3 Penghargaan di Grammy Awards 2022. Grammy mengumumkan penambahan lima kategori baru termasuk penulis lagu terbaik tahun ini, memberikan kesempatan bagi Recording Academy untuk menghormati komposer musik terbaik. (Sumber: Instagram/@oliviarodrigo)

“Penulis lagu adalah jantung dari bisnis dan industri kami,” kata Harvey

"Tidak ada yang terjadi tanpa penulis lagu. Bagi kami, ini tidak masalah. Ini sejalan dengan semua perubahan. Kami berpikir, 'Bagaimana kami bisa berbuat lebih banyak? Menampilkan lebih banyak orang dan lebih inklusif terhadap genre yang berbeda?'”

Kategori baru ini merupakan langkah besar bagi penulis lagu. Tahun lalu, pembaruan aturan memungkinkan setiap penulis lagu, produser, insinyur, atau artis unggulan di album yang dinominasikan untuk album tahun ini pada akhirnya bisa mendapatkan nominasi.

Empat kategori lainnya termasuk album puisi kata yang diucapkan terbaik, pertunjukan musik alternatif, pertunjukan musik Americana dan soundtrack video game dan media interaktif lainnya.

Akademi menciptakan penghargaan prestasi khusus yang menentukan lagu terbaik untuk perubahan sosial.

Penghargaan ini akan didasarkan pada konten liris yang membahas masalah sosial tepat waktu dan mempromosikan “pemahaman, pembangunan perdamaian, dan empati.”

"Itu selalu waktu yang tepat untuk mengenali musik yang mengubah dunia," kata Harvey.

“Saya pikir itu layak mendapat pengakuan khusus. Lagu-lagu ini penting dan berdampak. Kami ingin memastikan bahwa kami menghormati dan merayakan bentuk seni itu. Ini adalah cara yang bagus untuk melakukan itu."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x