Kompas TV entertainment lifestyle

Perut Buncit Jadi Rata Hanya dengan Konsumsi Jamu Ini, Obat dari Pakar IPB

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 07:48 WIB
perut-buncit-jadi-rata-hanya-dengan-konsumsi-jamu-ini-obat-dari-pakar-ipb
Ilustrasi. Cara mengecilkan perut buncit (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perut buncit tidak hanya dialami mereka yang memiliki tubuh gemuk, bahkan orang kurus pun tak jarang ada yang mengalaminya.

Perut buncit disebabkan oleh lemak mendalam yang ternyata lebih berbahaya karena letaknya berada di organ bagian dalam dan erat kaitannya dengan penyakit jantung.

Dr. Miriam Bredella, seorang radiolog dan profesor di Sekolah Medis Harvard mengatakan, selain penyakit jantung, perut buncit rupanya juga mempengaruhi kekuatan tulang di tubuh.

"Yang paling mengejutkan kami adalah ternyata lelaki dengan lemak mendalam memiliki tulang yang lebih rapuh ketimbang kelompok lelaki dengan lemak subkutan (lemak di bawah kulit). Para lelaki ini berada pada tingkat obesitas dan kelompok usia yang sama," ujar Bredella, dilansir dari laman Kemenkes, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Ini Dia Perilaku yang Tanpa Disadari Bikin Perut Buncit, Ketahui Batas Aman

Ia juga menjelaskan bahwa faktor genetika, diet tinggi lemak dan gaya hidup tanpa olahraga berkontribusi besar terhadap lemak mendalam yang menyebabkan perut buncit.

Obat Perut Buncit

Selain dengan olahraga rutin, mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan dengan meminum ramuan obat herbal yang ditemukan oleh pakar Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tim riset yang dipimpin oleh Prof Dyah Iswantini Pradono, berhasil menemukan obat herbal atau jamu untuk mengatasi perut buncit.

Berdasarkan hasil penelitiannya, Prof Dyah menggunakan kombinasi ekstrak asam gelugur dan kunci pepet untuk mengecilkan perut buncit. 



Sumber : Kemenkes, IPB


BERITA LAINNYA



Close Ads x