Kompas TV entertainment film

Pencipta Ninja Hattori Fujiko A. Fujio Meninggal Dunia, Tak Sadarkan Diri di Rumahnya

Kompas.tv - 7 April 2022, 13:43 WIB
pencipta-ninja-hattori-fujiko-a-fujio-meninggal-dunia-tak-sadarkan-diri-di-rumahnya
Mangaka dari Jepang, Fujiko A Fujio atau yang bernama asli Motoo Abiko, meninggal dunia kediamannya pada pagi tadi, Kamis (7/4/2022). (Sumber: hai.grid.id)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fujiko A Fujio, mangaka legendaris dari Jepang yang bernama asli Motoo Abiko, dikabarkan meninggal dunia, Kamis (7/4/2022) pagi waktu setempat.

Melansir TBS News, komikus berusia 88 tahun tersebut ditemukan meninggal di kediamannya di Kota Kawasaki, Prefektur Kanagawa, Jepang.

Usai menerima telepon darurat, polisi langsung menuju ke rumah Motoo Abiko dan menemukan mendiang telah dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Hingga saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kematian penggagas serial manga berjudul Ninja Cilik Hattori tersebut.

Baca Juga: Satu Halaman Komik Spider-Man Tahun 1984  Terjual Rp48 Miliar

Seperti yang diektahui bersama, Fujiko A. Fujio alias Motoo Abiko itu awalnya memulai karier sebagai mangaka bersama rekannya Fujimoto Hiroshi.

Keduanya mulai bekerja sama pada 1951 dan mulai menghasilakan beberapa karya sebagai duo Fujiko Fujio sejak 1954.

Namun, kolaborasi antara Motoo Abiko dan Fujimoto Hiroshi tak bertahan lama sehingga mereka memutuskan untuk berpisah pada 1987.

Abiko sempat mengatakan bahwa perpisahan tersebut terjadi setelah ia mengetahui Fujimoto menderita kanker hati dan penyakit jantung.

Baca Juga: Demon Slayer Jadi Anime Terlaris di Jepang, Raup Keuntungan Rp 5,1 Triliun!

Ilsutrasi serial anime Ninja Cilik Hattori yang diadaptasi dari komik dengan judul serupa karya Fujiko A. Fujio. (Sumber: Shin-Ei Animation via Japan-Talk)

Abiko kemudian berkarier dengan nama Fujiko A. Fujio, lantas menelurkan sejumlah judul manga, seperti Ninja Cilik Hattori, Kaibutsu-kun, hingga Shounen Jidai.

Sedangkan, sebelumnya bersama Fujimoto atau Fujiko F. Fujio, Abiko berhasil membuat komik yang berjudul Obake no Q-taro dan UTOPIA the Final World War.



Sumber : TBS News


BERITA LAINNYA



Close Ads x