Kompas TV entertainment selebriti

Mengenang Youngky Soewarno, Musisi yang Turut Berperan di Balik Kesuksesan Rossa hingga Krisdayanti

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 15:30 WIB
mengenang-youngky-soewarno-musisi-yang-turut-berperan-di-balik-kesuksesan-rossa-hingga-krisdayanti
Musisi dan komponis Indonesia, Youngky Soewarno, meninggal dunia pada Kamis (10/2/2022). (Sumber: Instagram/dewabudjana)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia kehilangan satu lagi musisi terbaiknya. Begitulah penyanyi Armand Maulana menggambarkan sosok Youngky Soewarno yang meninggal di usia 65 tahun.

Diketahui, Youngky Soewarno tutup usia pada Kamis (10/2/2022) pada pukul 23.40. Jenazahnya disemayamkan di Rumah Duka Jelambar-Jabar Agung.

Youngky Soewarno meninggalkan seorang istri, Maryati, dan tiga anak Lina Sukawanti, Aditya Kharisma, dan Leora Laeticia.

Rencananya, jenazah Youngky Soewarno akan dimakamkan pada Minggu, 13 Februari 2022.

"Selamat jalan mas Youngky Soewarno.. terima kasih mas udah menjadi salah satu pilar perjalanan @gigibandofficial di dalam lagu-lagu religi kami," tulis Armand Maulana di akun Instagramnya, dikutip Jumat (11/2/2022).

"Lagu 'Akhirnya' masih menjadi lagu karaoke massal disaat kami bawakan di stage.. Indonesia kehilangan lagi 1 musisi yang terbaik," lanjutnya.

Baca Juga: Musisi dan Komponis Youngky Soewarno Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun

Sosok Youngky Soewarno memang dikenal sebagai orang yang berjasa di balik kesuksesan penyanyi-penyanyi populer di Indonesia antara lain Rossa, Widi Mulia, dan Krisdayanti.

Bagi penyanyi dan aktris Widi Mulia, Youngky adalah sosok yang ikut mengubah jalan karirnya.

Tak banyak yang tahu, karir bermusik Widi Mulia semakin melambung usai dilirik Youngky Soewarno dan membentuk AB Three (kini Be3) bersama Riafinola Ifani dan Lusy Rachmawati.

"Penulis lagu yang brilian, musisi berhati baik yang banyak membentuk gaya saya bernyanyi. Terima kasih untuk semuanya mas Youngky Soewarno. Selamat beristirahat dengan tenang," tulis Widi Mulia di Instagram Story.

Penyanyi dan pemeran Widi Mulia mengenang sosok Youngky Soewarno sebagai orang yang berjasa dalam karirnya di dunia musik. (Sumber: Instagram/widimulia)

Youngky Soewarno juga berperan dalam karir Rossa. Ia menggiring Rossa yang saat itu masih remaja, ke dapur rekaman dengan memberinya lagu "Nada-Nada Cinta" 

Youngky juga merupakan produser album Rossa “Nada-Nada Cinta” yang dirilis pada 1996. 

Penyanyi dan politisi Krisdayanti juga turut menceritakan jasa Youngky Soewarno dalam perjalanan karirnya.

"My deepest condolance for mas Youngky Soewarno, beliau yang menemukan saya untuk dikirim di ajang Asia Bagus 1991," tulis Krisdayanti di Instagram Story.

Baca Juga: Token ASIX Dilarang Bappebti, Anang Hermansyah: Masih Proses Pendaftaran

"Masih ada kerja kami yang sayangnya belum rampung tetapi mas Youngky lebih dulu berpulang," lanjutnya.

Karya-karya Youngky Soewarno dinyanyikan juga oleh penyanyi-penyanyi populer lainnya antara lain Ita Purnamasari, Nicky Astria, Nia Paramita, Paramitha Rusady, dan Trio Libels, .

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x