Kompas TV entertainment film

Pencipta Upin dan Ipin, Burhanuddin Radzi Kaget Karakter Ciptaannya Jadi Polemik

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 16:36 WIB
pencipta-upin-dan-ipin-burhanuddin-radzi-kaget-karakter-ciptaannya-jadi-polemik
Ilustrasi kartun Upin Ipin. Produser sekaligus pencipta Upin dan Ipin, Burhanuddin Rafzi mengaku terkejut mendengar kabar animasi Upin dan Ipin menjadi perbincangan hangat di dunia maya, khususnya di Indonesia. (Sumber: Tangkapan layar Youtube)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Produser sekaligus pencipta animasi Upin dan Ipin, Burhanuddin Rafzi mengaku terkejut mendengar kabar animasi Upin dan Ipin menjadi perbincangan hangat di dunia maya, khususnya di Indonesia.

Lewat akun Facebook-nya, Hj Burhan Radzi, menuliskan pendapatnya mengenai fenomena Upin dan Ipin, berikut opini yang makin berkembang pesat.

Burhanuddin berpendapat bahwa banyaknya teori tentang cerita di balik pembuatan animasi Upin dan Ipin kerap dimanfaatkan untuk mendulang kepopuleran akun media sosial pribadi. 

Terkadang cerita yang mereka kaitkan dengan UI tidak sesuai dengan keinginan Anda, tetapi Anda tidak akan pernah bisa mengendalikannya.”  Begitu pendapat yang dikutip dari laman Facebook Burhan pada Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Duduk Perkara Cerita Upin dan Ipin, dari Penemuan Makam hingga Klarifikasi Rumah Produksi

Burhan bercerita saat tim New Media di perusahaannya membagikan artikel berita dari Kompas.com yang memberitakan viralnya kuburan Upin dan Ipin serta narasi cerita yang berasal dari khayalan Opah.

Berita itu menyebar seperti api liar di internet. Hal itu menegaskan betapa populernya UI (Upin dan Ipin) di Indonesia.” 

Pendiri Les’ Copaque Production ini juga bilang bahwa Upin dan Ipin tidak hanya menjadi pemberitaan di Indonesia, melainkan di Malaysia dan diliput China Press. Bahkan, hingga malam hari, kata Upin Ipin masih bertengger di puncak trending Twitter Indonesia.

Fenomena ini melahirkan pandangan baru bagi Burhanuddin bahwa animasi yang dibuatnya bukan hanya animasi biasa.

“Ini adalah seri luar biasa di mana para penggemar percaya bahwa mereka masih hidup.”

Hal ini sekaligus menjadi tantangan bagi pihak rumah produksi untuk terus menyajikan konten yang bermanfaat, khususnya bagi generasi penerus bangsa.

Kami bangga bahwa kami telah mencapai level ini dan tim saya akan terus bekerja keras untuk mempertahankan standar kami."

Baca Juga: Mengapa Upin dan Ipin Diceritakan Yatim Piatu? Begini Penjelasan Les’ Copaque

Diberitakan sebelumnya, viral di media sosial video yang merekam kuburan Upin dan Ipin. Video yang diunggah di akun TikTok @ABI_ALONK_3110 ini juga menarasikan bahwa cerita animasi Upin dan Ipin merupakan khayalan Opah.

Rumah produksi Upin dan Ipin, Les’ Copaque telah mengklarifikasi bahwa narasi tersebut benar. Upin dan ipin merup-akan cerita fiktif dan tidak diadaptasi dari kisah nyata.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x