Kompas TV entertainment musik

Kisah Sundari Soekotjo, Setia Merawat Musik Keroncong

Kompas.tv - 3 November 2021, 19:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penikmat musik keroncong tentu sudah tidak asing dengan nama Sundari Soekotjo. Ia merupakan penyanyi keroncong Indonesia era 1980-an yang mulai terjun ke kancah musik keroncong sejak kecil.

Kecintaan Sundari pada musik keroncong ditularkan dari sang ayah, Soekotjo Ronodihardjo. Rupanya, sang ayah-lah yang memperkenalkan musik keroncong, juga mengajak Sundari bernyanyi lagu-lagu keroncong.

Tepatnya pada 1977, Sundari mulai fokus pada musik keroncong dan mengikuti berbagai festival keroncong.

Baca Juga: Penyanyi Keroncong Sruti Respati, Berkarya Tanpa Melihat Batasan

Satu tahun kemudian, namanya terpilih sebagai finalis di festival keroncong dan berhasil menembus juara kedua untuk kategori keroncong dewasa wanita di ajang juara bintang radio dan televisi.

Itu pun berhasil diraih Sundari dengan mencuri umur karena kala itu ia belum mencapai usia 15 tahun.

Selanjutnya, anak kedua dari tiga bersaudara ini juga sukses menyandang gelar juara pertama bintang radio dan televisi pada 1983. Barulah setelah itu, perempuan kelahiran 14 April 1965 mulai merilis album keroncong asli bertajuk “Ingkar Janji” pada 2002. (/)

Editor: Theresia Michelle

====================================================

Jangan lewatkan Solo Keroncong Festival 2021, Keroncong Berseri "Historia Keroncong untuk Millenials" yang menghadirkan sejumlah penyanyi keroncong, di antaranya Waljinah, Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo, Endah Laras, Sruti Respati, Woro Mustiko, Encik Sri Krishna, Shuma Prada, Daniel Christianto, Billy Tamage Beatbox, Iin Indriani, Dimas Pratama, Seniman dan Seniwati Keroncong Solo serta special perfomances dari 11 Orkestra Keroncong Nasional dan Internasional.

Acara diselenggarakan pada Minggu dan Senin, 7-8 November 2021 pukul 19.00 WIB, tayang secara virtual di YouTube KompasTV. 

#SundariSoekotjo #Keroncong #FestivalKeroncong



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x