Kompas TV entertainment musik

Penyanyi Keroncong Sruti Respati, Berkarya Tanpa Melihat Batasan

Kompas.tv - 2 November 2021, 15:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sruti Respati, namanya sudah tidak asing di dunia seni dan budaya tradisional. Nama Sruti kian dikenal lewat kualitas suara terbaiknya ketika melantunkan lagu – lagu berbahasa Jawa dalam aneka langgam kontemporer, termasuk jazz.

Kesuksesan Sruti tidaklah luput dari lingkungan keluarga yang sangat mendukungnya. Almarhum sang ayah merupakan seorang dalang wayang kulit, sementara ibunya penari. Bahkan, sang kakak, Endah Laras, juga dikenal sebagai penyanyi keroncong.

Ketika Sruti kecil, tiada hari tanpa belajar seni dari kedua orangtuanya. Bahkan mulai membuka mata di pagi hari hingga menjelang tidur, lagu-lagu jawa begitu akrab di telinga. Alhasil, darah seni dan kebudayaan Jawa begitu kental mengalir dalam tubuhnya.

Baca Juga: Para Seniman Pelestari Keroncong

Pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir dua tahun tidak menghentikan kreativitas para seniman, termasuk Sruti Respati.

Selain “Hujan Pagi”, ia juga sukses merilis dua single lagu terbaru lainnya berjudul “Matahari” dan “Bintang – Bintang”. Penggarapan kedua lagu merupakan kerja samanya dengan perupa dari Yogyakarta, Nasirun, dan putra almarhum Didi Kempot, Saka Praja Kempot.

====================================================

Jangan lewatkan Solo Keroncong Festival 2021, Keroncong Berseri "Historia Keroncong untuk Millenials" yang menghadirkan sejumlah penyanyi keroncong, di antaranya Waljinah, Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo, Endah Laras, Sruti Respati, Woro Mustiko, Encik Sri Krishna, Shuma Prada, Daniel Christianto, Billy Tamage Beatbox, Iin Indriani, Dimas Pratama, Seniman dan Seniwati Keroncong Solo serta special perfomances dari 11 Orkestra Keroncong Nasional dan Internasional.

Acara diselenggarakan pada Minggu dan Senin, 7-8 November 2021 pukul 19.00 WIB, tayang secara virtual di YouTube KompasTV. 

#SrutiRespati #Keroncong #FestivalKeroncongSolo




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x