Kompas TV entertainment musik

Kenalan dengan Voice of Baceprot, Band Metal 3 Gadis Asal Garut yang Siap Tur di Eropa

Kompas.tv - 5 November 2021, 19:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Voice of Baceprot (VoB) jadi perbincangan usai dipastikan akan menggelar konser tur Eropa bertajuk Fight Dream Believe yang dimulai pada 28 November 2021.

Grup band metal asal Garut yang terbentuk sejak tahun 2014 ini beranggotakan tiga perempuan muda yaitu Firdda Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Euis Siti Aisyah (drum). Ketiganya merupakan teman sejak bersekolah di MTs Al Baqiyatussolihat Singajaya, Garut, Jawa Barat.

Uniknya, kata “baceprot” dalam nama band merupakan kata dalam bahasa Sunda, yang berarti banyak bicara, bawel, atau berisik. Nama tersebut dipilih karena merepresentasikan musik yang mereka bawakan.

“Metal itu identik dengan musik pemberontakan, rebel banget, dan itu kayanya sesuai dengan karakter kita yang berisik, rebel,” ujar Firdda Kurnia atau yang akrab disapa Marsya dalam arsip wawancara KOMPAS TV pada 14 Februari 2018.

“Jadi sebenernya kita memang punya genre musik yang berbeda, tapi kita memang satu pemikiran dan satu hobi di musik juga. Jadi kita lebih suka menyebut musik kita sebagai hip-metal-funky,” lanjutnya.

Baca Juga: Voice of Baceprot, Hijaber Garut Hentak Panggung WOA 2022 Bareng Limp Bizkit dan Slipknot

Selain unik, VoB jadi salah satu grup band metal tanah air yang lantang menyuarakan isu-isu sosial melalui lagu mereka seperti School Revolution, Kentut RUUP, hingga Perempuan Merdeka Seutuhnya.

Keunikan dan talenta yang dimiliki Voice of Baceprot juga pernah mendapatkan sorotan media internasional seperti New York Times dan The Guardian.

Trio metal yang mendunia ini juga sempat menjadi perwakilan Indonesia untuk acara Hari Perempuan Internasional di Woman of The World (WOW) Festival UK 2021.

Lewat media sosialnya, VoB umumkan bakal manggung di delapan kota di empat negara Eropa mulai dari Belanda, Belgia, Perancis, dan juga Swiss.

Selain itu, trio metal ini juga akan tampil di festival musik Wacken Open Air 2022, yang menjadi salah satu mimpi mereka.

(*)

Video Editor & Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x