Kompas TV entertainment lifestyle

Benarkah Indra Pengecap yang Hilang Kena Covid-19 Bisa Sembuh Minum Eucalyptus? Ini Kata Dokter

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 16:47 WIB
benarkah-indra-pengecap-yang-hilang-kena-covid-19-bisa-sembuh-minum-eucalyptus-ini-kata-dokter
Ilustrasi eucalyptus atau minyak kayu putih (Sumber: Instagram)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Fadhilah

JAKARTA KOMPAS.TV - Postingan Tasya Farasya yang hilang indra pengecap akibat positif Covid-19 dan akan minum air dicampur minyak kayu putih menuai sorotan.

Benarkah dengan minum air campur minyak kayu putih tersebut efektif mengembalikan indra pengecap?

Baca Juga: Tasya Farasya Pamer Wajah Anak untuk Pertama Kali, Netizen Gemas

Tasya mengungkapkan bahwa postingan itu ia buat lantaran banyak yang menyarankan, sehingga ia ingin melakukan hal tersebut.

"Guys aku mau jelasin urusan yang eucalyptus. Ini minyak yang aku pake, aku pake ini karena banyak yang rekomendasi aku untuk beli ini," tulis Tasya Farasya pada Instagram Story, Jumat (25/6/2021). 

Karena tidak paham, Tasya Farasya memutuskan untuk meminta pendapat pada followers di Instagram.

Dokter spesialis paru, dr. Erlang Samoedro, Sp.P menjelaskan bahwa hal-hal yang sifatnya belum teruji secara klinis apalagi menyangkut efek dari penyakit Covid-19 lebih baik tidak dilakukan.

"Belum ada bukti klinisnya ya, jadi saya belum bisa memastikan dan komentar apa-apa soal itu," ujar dr. Erlang saat dihubungi Kompas TV, Sabtu (26/6/2021).

Baca Juga: Heboh Rumah Tasya Farasya ala Negeri Dongeng

Dr. Erlang menyarankan untuk lebih banyak kumur-kumur dengan pencuci mulut atau bahan alami seperti air garam dan tidak menyarankan minum minyak kayu putih.

"Indra pengecap akan balik seiring perbaikan klinis Covid-19-nya kok, yang penting cuci mulut dengan larutan pencuci mulut atau air garam fisiologis," tegas dr. Erlang.

Dokter Erlang hanya menyarankan untuk pulih dari virus corona, para pasien disarankan menyantap makanan sehat dan banyak vitamin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x