Kompas TV entertainment selebriti

Ketahuan Plagiat, Gelar Magister Hong Jin Young Dicabut!

Kompas.tv - 24 Desember 2020, 18:30 WIB
ketahuan-plagiat-gelar-magister-hong-jin-young-dicabut
Hong Jin Young (Sumber: Soompi)
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasca lulus pendidikan pascasarjana dari Chosun University pada tahun 2009 lalu, penyanyi trot asal Korea Selatan, Hong Jin Young harus menerima kenyataan pahit setelah 11 tahun menyandang gelar magister.

Hasil tesis miliknya terbukti merupakan sebuah hasil plagiat dan pihak Chosun University resmi mencabut gelar magister milik Hong Jin Young.

Hal ini berawal dari seorang anonim yang mencurigai tesis milik Hong Jin Young yang berjudul "Research Regarding Cultural Content Industry Trends Through Korean Wave" adalah sebuah hasil plagiat.

Rumor inipun semakin beredar luas setelah sang anomin menguji tesis Hong Jin Young di sebuah situs uji plagiarisme, dan hasilnya keluar sebesar 74 persen.

Sebelumnya, pihak agensi IMH Entertainment yang menaungi Hong Jin Young menyatakan jika artisnya membuat tesisnya secara mandiri.

Pihak agensi juga menjelaskan jika sistem Copy Killer baru diwajibkan sejak tahun 2015, sedangkan tesis Hong Jin Young dibuat pada tahun 2009.

Keputusan dari pihak kampus pun tidak bisa diganggu gugat, gelar Magister Hong Jin Young akhirnya resmi dicabut dan berjanji akan lebih memperketat pengawasan terhadap karya ilmiah dari para mahasiswa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x