Kompas TV entertainment film

Sedih! Inilah Bintang Asia yang Tinggalkan Kita Tahun 2020

Kompas.tv - 15 Desember 2020, 05:08 WIB
sedih-inilah-bintang-asia-yang-tinggalkan-kita-tahun-2020
Irrfan Khan bintang slumdog millionaire yang meninggal tahun 2020 ini (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS TV - Tahun 2020 adalah tahun yang suram bagi banyak pecinta sinema di Asia karena para aktor dan sutradara pemenang penghargaan meninggal dunia, beberapa di antaranya direnggut dari kita oleh Covid-19.

Kematian erbaru di industri hiburan Asia terjadi di Latvia, di mana sutradara Korea Selatan Kim Ki-duk meninggal karena Covid-19 pada 11 Desember. Kim, 59, memenangkan penghargaan tertinggi di Festival Film Venesia pada 2012 tetapi sejak itu menghadapi berbagai tuduhan pelanggaran di negaranya, termasuk tuduhan pelecehan seksual.

Tahun itu adalah tahun yang sulit bagi Bollywood, karena industri tersebut mengucapkan selamat tinggal kepada banyak bintang top termasuk Sushant Singh Rajput, Rishi Kapoor dan Irrfan Khan.

Irrfan Khan, seorang aktor gaek yang aktif di Bollywood dan Hollywood, meninggal pada bulan April karena infeksi usus besar menurut juru bicaranya. Dia dikenal karena karyanya dalam film yang sangat terkenal seperti "Slumdog Millionaire" dan "Life of Pi."

Baca Juga: Setelah Suami dan Mertua, Aktris Bollywood Aishwarya Rai Bachchan dan Putrinya Positif Covid-19

Rishi Kapoor, yang dua tahun berjuang melawan leukemia juga meninggal pada bulan April. Rishi sudah berakting di lebih dari 90 film.

Dua bulan kemudian, bintang Bollywood terkenal Sushant Singh Rajput ditemukan tewas di kediamannya di Mumbai menurut laporan polisi. Spekulasi beterbangan ke sana dan ke mari di media India yang mengutip bahwa pria berusia 34 tahun itu meninggal karena bunuh diri.

Pecinta sinema Jepang juga tertunduk sedih dengan kematian dua aktor tercinta mereka,  Haruma Miura dan Yuko Takeuchi. Media Jepang melaporkan bahwa kedua bintang tersebut mungkin telah meninggal karena bunuh diri.

Takeuchi (40), adalah seorang aktris yang sukses, berperan di banyak film dan drama TV. Dia mungkin paling terkenal karena perannya sebagai Sherlock Holmes wanita dalam serial HBO 2018 "Miss Sherlock", yang disiarkan di banyak negara.

Artis asal Jepang Sei Ashina meninggal dunia bulan September kemarin dengan cara yang terbilang misterius. Pemain serial Kamen Rider Hibiki ini ditemukan sudah dalam kondisi tidak bernyawa di apartemennya di Tokyo oleh keluarga.

Baca Juga: Artis Jepang Ashina Sei, Pemain Kamen Rider Meninggal Dunia

Haruma Miura juga seorang aktor yang sukses secara komersial, muncul di sejumlah film termasuk "Attack on Titan" dan "Kimi ni Todoki (From Me to You)."

Jepang juga berduka atas kematian Nobuhiko Obayashi, salah satu pembuat film paling produktif di Jepang, yang terus bekerja meski menderita kanker stadium akhir pada 2016.

Sutradara terkenal Jepang yang berusia 82 tahun pada saat kematiannya, melewati hidup selama Perang Dunia II, yang berperan besar atas keyakinannya pada perdamaian, dimana film-filmnya menggambarkan kengerian perang.

Pada bulan Agustus, sutradara yang berbasis di Hong Kong Benny Chan juga meninggal karena kanker.

Sutradara terkenal berusia 58 tahun itu menyutradarai film-film populer seperti "New Police Story" dan "Shaolin."

Kematiannya terjadi selama pascaproduksi film terbarunya "Raging Fire", yang menampilkan Donnie Yen dan Nicholas Tse. Para pemain dan kru telah berjanji untuk menyelesaikan proyek yang akan dirilis pada 2021 itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x