Kompas TV entertainment selebriti

Lakukan USG, Shireen Sungkar Ungkap Dirinya Kembali Mengidap Kista

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 20:29 WIB
lakukan-usg-shireen-sungkar-ungkap-dirinya-kembali-mengidap-kista
Shireen Sungkar (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shireen Sungkar kembali mengidap kista, hal ini diungkapkannya dalam unggahan video di YouTube Channel The Sungkar Family, Senin (12/10/2020).

Shireen bercerita jika dirinya pernah mengidap kista usai kehamilan pertamanya.

"Jadi aku kista itu dari waktu habis melahirkan Adam. Waktu Adam itu Alhamdulillah nggak ada apa-apa. Nah pas habis melahirkan Adam, tiba-tiba kistanya itu hampir 13 cm. Which is itu gede banget," papar Shireen Sungkar seperti dikutip oleh KompasTV.

Pada waktu itu, kista yang diidap oleh istri Teuku Wisnu ini adalah jenis kista dermoid.

Kista dermoid adalah tumor jinak berisi jaringan kulit, gigi, dan rambut. Kista bisa terbentuk  di bagian tubuh manapun, tetapi lebih sering di area wajah.

Kista dermoid terbentuk akibat kelainan perkembangan janin. Oleh karena itu, kista dermoid seringkali dapat langsung terjadi ketika bayi dilahirkan.

Dokter sempat mendiagnosa jika kista dermoid yang diidapnya saat itu berpotensi mengakibatkan sulit mendapatkan keturunan lagi. 

"Kistanya bermasalah bikin susah punya keturunan lagi. Tapi ya balik lagi, kuasa Allah ya. Ternyata habis dioperasi, 2 bulan setelah operasi hamil Hawwa. Padahal itu rahim nggak diapa-apain," katanya.

Setelah kelahiran ketiganya, Shireen kembali merasa tidak nyaman saat datang bulan.

Usai dilakukan pemeriksaan USG transvaginal, ternyata kista kembali muncul.

"Di sebelah kanan, kita curigai ada dermoid nih, ukurannya kurang lebih 5-6 cm. Nah di sebelah kiri ada juga kista, bisa sifatnya hormonal bisa juga sifatnya memang ada dari sebelumnya," kata Dokter Merry, yang memeriksa Shireen Sungkar seperti dalam video.

"Yang namanya dermoid itu kadang kala hilang timbul, makanya pada beberapa kasus dermoid langsung angkat tuh indung telurnya karena kadang-kadang ada yang muncul di USG beberapa tahun kemudian, beberapa bulan kemudian," sambung Dokter Merry.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x