Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Viral Antrean Pelamar Kerja di Warung Seblak hingga ke Jalan, Gen Z Makin Susah Cari Kerja

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 21:51 WIB
viral-antrean-pelamar-kerja-di-warung-seblak-hingga-ke-jalan-gen-z-makin-susah-cari-kerja
Antrean pelamar kerja di sebuah warung seblak yang mengular hingga ke jalanan di Ciamis, Jawa Barat. (Sumber: Instagram @undercover.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan antrean pelamar kerja di sebuah kedai makanan ramai dikomentari warganet di Instagram. Mengutip unggahan akun @undercover.id, terlihat pelamar kerja sedang antre untuk mendaftar di sebuah warung seblak yang baru buka.

Video itu diunggah pada Selasa (21/5/2024) dan sudah mendapat ribuan Like serta mendapat lebih dari 3.900 komentar. Dari video tersebut terlihat para pelamar masih berusia muda.

“Pelamar kerja di sebuah warung seblak terlihat membludak memadati area jalanan. Diduga kejadian tersebut terjadi di warung seblak di kawasan Ciamis, di video tampak antri panjang mengular para pelamar kerja tenteng map coklat,” tulis akun @undercover.id seperti dikutip pada Rabu (22/5/2024).

Warganet banyak berkomentar tentang betapa sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Tetapi banyak juga yang menilai bahwa sebenarnya banyak lapangan pekerjaan yang tersedia. Namun, tingginya kualifikasi yang diminta membuat para calon pelamar tidak lolos.

“sebenernya yg nyari pekerja dan yg nyari kerja sama banyaknya, cuma yg jadi masalah kadang kriteria perusahaan tidak sesuai sama kebnyakan pelamar, dan pelamar jg kadang tidak sadar kualitas dirinya,” tulis akun @ga**.*g.

Baca Juga: Gobel: Solusi Tuntaskan Kemiskinan di Indonesia Bukan Bansos dan BLT, tapi Ciptakan Lapangan Kerja

“Ya Allah susahnya cari kerja yaa, skrg kerja di pabrik pun hrs pake uang kalo gak pake uang gak akan bisa masuk :'),” ujar pemilik akun @m*_**on_92.

“Kasian itu kalau seperti itu, padahal merekrutnya juga g bakalan sebanyak itu,” sebut akun @prakar**.*ndonesia.

Ada juga warganet yang menyinggung peranan 'orang dalam' dalam bursa kerja saat ini. Sehingga, saat orang luar mencoba melamar sebuah pekerjaan, mayoritas akan tersingkir oleh calon yang dimiliki 'orang dalam'.

“Ingat Lowongan kerja itu banyak tidak di siarkan karna udah keduluan org dalam titipan bapaknya lah, pamannya lah, ponakannya lah, maka dari itu perbanyak relasi dan jaga silaturahmi serta jaga nama baik karna itu yg utama,” tutur akun @sa*_**alad.

“Lapangan kerja itu luas, yang bikin terlihat sempit itu karena kualifikasi/syarat untuk bekerja yang sangat tinggi atau bahkan tidak masuk akal, tetap semangat para pencari kerja,” sebut akun @bapa**.*avin.

Baca Juga: Jokowi Kaget Lulusan S2 dan S3 Sedikit di Indonesia, Pengamat: Lapangan Kerja Banyak yang Tak Butuh

Berdasarkan Analisis Tim Jurnalisme Data Kompas terhadap data mikro Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS), disebutkan jika Generasi Z atau Gen Z yang lahir pada 1997-2012 lebih sulit mencari kerja dibanding milenial. Lantaran, lapangan pekerjaan di sektor formal semakin menurun, salah satunya disebabkan pandemi Covid-19.

Dari data BPS, masih ada pencari kerja dari kelompok Generasi Z yang pendidikan tertingginya SMP, termasuk yang tidak tamat SD dan lulus SD. Jumlahnya pada 2022 sebesar 15,2 persen dari seluruh pencari kerja yang lahir pada periode 1997-2012.

Proporsi pencari kerja Generasi Z dengan latar belakang pendidikan tertinggi SMP tersebut bahkan lebih besar ketimbang Gen Z pencari kerja dari lulusan perguruan tinggi (12,1 persen). Hanya Gen Z lulusan SMA dan SMK yang jumlahnya lebih besar, yakni 72,5 persen dari total pengangguran pencari kerja berusia Gen Z.



Sumber : Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x