Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jasa Marga Catat Kecepatan dan Waktu Tempuh Kendaraan saat Lebaran 2024 Lebih Baik dari 2023

Kompas.tv - 24 April 2024, 22:30 WIB
jasa-marga-catat-kecepatan-dan-waktu-tempuh-kendaraan-saat-lebaran-2024-lebih-baik-dari-2023
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol wilayah Jakarta s.d Jawa Tengah (Cawang s.d Semarang) mengalami peningkatan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran 2024. (Sumber: Jasa Marga )
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol wilayah Jakarta hingga Jawa Tengah (Cawang s.d Semarang) mengalami peningkatan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran 2024. 

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, kecepatan rata-rata kendaraan rute Cawang hingga Semarang pada puncak arus mudik adalah sebesar 68 km/jam, meningkat 11% jika dibandingkan tahun lalu. 

"Untuk waktu tempuhnya yaitu 6 jam 53 menit atau lebih cepat 15,5% dibandingkan tahun lalu," kata Subakti dalam keterangan resminya, Rabu (24/4/2024). 

Sementara itu, kecepatan rata-rata kendaraan rute Semarang s.d Cawang pada puncak arus balik adalah sebesar 79 km/jam, meningkat 2% jika dibandingkan tahun lalu. Waktu tempuhnya yaitu 5 jam 50 menit atau lebih cepat 5% dibandingkan tahun lalu. 

Baca Juga: Tarif Jalan Tol Bali Mandara Naik Mulai Sabtu 27 April Pukul 00.00 WITA

Data tersebut didapat berdasarkan data dari Google yang terintegrasi dengan aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID).

Ia menyampaikan, kesuksesan Jasa Marga dalam mengawal arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445 H tak lepas dari beberapa aspek yang menjadi perhatian Tim Satgas Jasa Marga Siaga.

Seperti memastikan kesiapan pelayanan operasi, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, menyiapkan strategi antisipasi dan cara bertindak untuk penanganan pada situasi darurat.

Misalnya dalam kondisi cuaca ekstrem, mengendalikan flow dan kepadatan di rest area, membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol selama masa operasional pelayanan Lebaran.

Tim Satgas Jasa Marga Siaga juga memastikan kesiapan jalur fungsional yang akan digunakan, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan pengolahan data kondisi lalu lintas terkini dengan memanfaatkan platform Jasamarga Integrated Digitalmap dan aplikasi Travoy.




Sumber :


BERITA LAINNYA


Politik

Hacked By LocalHos666Tx

26 Mei 2024, 23:50 WIB

Close Ads x