Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

CEO Apple Tim Cook Bertemu Jokowi di Istana Negara, Bahas soal Investasi

Kompas.tv - 17 April 2024, 11:06 WIB
ceo-apple-tim-cook-bertemu-jokowi-di-istana-negara-bahas-soal-investasi
CEO Apple Tim Cook, didampingi Menperin Agus Gumiwang dan Menkominfo Budi Arie Setiadi saat melakukan konferensi pers di sekitar Istana Negara usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (17/4/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (17/4/2024) pagi untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka membahas investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia.

Tim Cook beserta rombongan tiba di halaman Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 08.55 WIB. Ia tampak mengenakan setelan jas biru dengan celana berwarna senada.

Baca Juga: Tertibkan KTP Warga, DKI Jakarta Ajukan Penonaktifan 92 Ribu NIK ke Kemendagri

Setelah Tim Cook memasuki kawasan Istana, berselang kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyusul untuk menghadiri rapat pertemuan tersebut.

Menteri Budi Arie menegaskan bahwa pembahasan soal investasi Apple sebagai perusahaan raksasa teknologi terbesar asal Amerika Serikat dapat membuat Indonesia menjadi rantai pasok dunia terhadap produk-produk mereka.

Baca Juga: Pegawai Kementerian yang Mayatnya Dicor Dibunuh Tukang Kebun Komplek, Sakit Hati Kerja Tak Dibayar

"Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan," ujar Budi Arie.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyampaikan bahwa produksi ponsel (handphone) di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit. Dari jumlah impor tersebut, sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple.

Baca Juga: Golkar Buka Suara soal Peluang PPP Gabung Prabowo-Gibran

Agus menyatakan bahwa Apple merupakan pendekatan yang unik agar pemerintah dapat menciptakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) demi menciptakan nilai tambah bagi Indonesia.

"Oleh sebab itu kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia," kata Agus.

Kunjungan Tim Cook ke Jakarta ini diyakini terkait dengan rencana investasi Apple di Indonesia, khususnya dalam sektor manufaktur elektronik dan teknologi.

Baca Juga: Gibran Respons PDIP Tutup Pintu Bobby Nasution Maju Pilkada Sumut


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x