Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tips Aman Berkendara Saat Lewati Jalur Contraflow dan One Way

Kompas.tv - 11 April 2024, 15:12 WIB
tips-aman-berkendara-saat-lewati-jalur-contraflow-dan-one-way
Ilustrasi. Jasa Marga bagikan tips berkendara dengan aman saat di jalur contraflow dan satu arah atau one way. (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama periode arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445H, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pelaksanaan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga, Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445H.

Sejumlah rekayasa lalu lintas berupa one way dan contraflow telah diberlakukan pada arus mudik lalu, sesuai dengan situasi lalu lintas terkini di lapangan. 

Direktur Utama PT JMTO Yoga Trianggoro mengatakan, implementasi SKB dalam bentuk rekayasa lalu lintas bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan nasional, termasuk jalan tol.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, kami sebagai operator jalan tol memastikan kesiapan petugas, armada, perambuan, sarana dan prasarana dalam mendukung rekayasa lalu lintas," kata Yoga dalam keterangan resminya, Kamis (11/4/2024). 

Baca Juga: Wajib Dikunjungi, Obyek Wisata Krakatau Park di Lampung Suguhkan 26 Wahana Permainan

"Namun tentu saja hal ini belum cukup, kami juga mohon bantuan dan kerja sama para pengguna jalan untuk berkendara dengan aman dan selamat selama berada di lajur dan jalur rekayasa lalu lintas,” ujarnya. 

Yoga membeberkan tips aman berkendara saat melewati jalur contraflow dan one way.

Pengguna jalan yang berada di jalur contraflow diminta memastikan kondisi kendaraan dan pengendaranya dalam kondisi prima. 

Jika sedang mengantuk atau kelelahan, sebaiknya tidak masuk ke jalur contraflow dan segera ke rest area untuk beristirahat. Selain itu, jika sudah masuk contraflow agar tetap pada lajurnya, tidak berkendara terlalu kiri maupun terlalu kanan.

“Kami imbau pengguna jalan agar disiplin dalam berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan, mematuhi batas kecepatan yang dipersyaratkan dan tidak mendahului kendaraan lain mengingat terbatasnya lajur yang dibuka untuk contra flow,” tuturnya. 

Baca Juga: Jadwal Ganjil Genap, One Way, Contraflow Arus Balik Lebaran 2024, Mulai 12 April

Apabila pengguna jalan mengalami kondisi darurat, khususnya di lajur contraflow, hal yang wajib dilakukan adalah menepi di bahu dalam (lajur paling kiri di lajur contraflow) serta menyalakan lampu hazard. 

Dalam kondisi darurat tersebut, pengguna jalan agar menghubungi One Call Center Jasa Marga 14080 untuk mendapatkan bantuan dari petugas.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x