Kompas TV ekonomi loker

Kementerian Kesehatan Buka Lowongan 23.200 Formasi di Seleksi CPNS-PPPK 2024, Ini Rinciannya

Kompas.tv - 2 April 2024, 18:52 WIB
kementerian-kesehatan-buka-lowongan-23-200-formasi-di-seleksi-cpns-pppk-2024-ini-rinciannya
Ilustrasi. Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenag tahun 2023 memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). (Sumber: jabarprov.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuka lowongan 23.200 formasi dalam seleksi CPNS-PPPK 2024.

Formasi aparatur sipil negara (ASN) yang diajukan Kemenkes itu telah disetujui 100 persen oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Diharapkan besarnya jumlah formasi yang disetujui itu akan berdampak pada peningkatan kualitas serta pemerataan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Formasi lowongan dari Kemenkes itu terdiri atas 8.607 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 14.593 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

"Sektor kesehatan menjadi atensi luar biasa dari Bapak Presiden. Usulan ASN 2024 dari Kemenkes sebanyak 23.200 kita setujui 100 persen. Kami kemarin petang bertemu Pak Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk penyerahan formasi tersebut. Kementerian PANRB mendukung penuh upaya Kemenkes dalam upaya pemenuhan dan pemerataan SDM kesehatan di Tanah Air," kata Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Selasa (02/4/2024) dalan rilisnya.

Anas menyatakan, pemenuhan 100 persen formasi Kementerian Kesehatan akan didukung oleh SDM kesehatan yang tersebar di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Anas memberikan contoh beberapa kementerian/lembaga yang memiliki unit layanan kesehatan dan kebutuhan SDM-nya telah ditetapkan oleh Kementerian PANRB.

“Misalnya rumah sakit dan klinik di kampus-kampus, belum lagi di daerah-daerah. Semuanya saling menopang untuk mewujudkan layanan yang baik dan merata,” tutur Anas.

Anas mencatat, persetujuan formasi Kementerian Kesehatan memiliki persentase yang paling tinggi dibandingkan dengan instansi lain, dengan rata-rata persetujuan berkisar 70-80 persen dari usulan yang diajukan. 

Baca Juga: Pengumuman Terbaru Rekrutmen CPNS 2024, Ini Jabatan yang akan Diisi Fresh Graduate



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x