Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jubir Airlangga Ungkap Alasan BSD & PIK 2 jadi PSN: Investasi Puluhan Triliun-Serap Ribuan Pekerja

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 04:45 WIB
jubir-airlangga-ungkap-alasan-bsd-pik-2-jadi-psn-investasi-puluhan-triliun-serap-ribuan-pekerja
Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Haryo Limanseto. Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, menjelaskan ada alasan kuat mengapa kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). (Sumber: Kemenko Perekonomian )
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, menjelaskan alasan kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Haryo Limanseto, mengatakan, pengembangan proyek di BSD ditujukan untuk kemajuan sektor Pendidikan - Biomedical - Digital yang didukung oleh Kementerian Kesehatan. 

"Total investasi PSN BSD sebesar Rp18,54 triliun, diproyeksi akan menyerap 10.065 tenaga kerja, menghemat devisa sebesar Rp10,1 triliun, dan memperoleh devisa sebesar Rp5,6 triliun," kata Haryo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (27/3/2024). 

Pengembangan Kawasan Terpadu di BSD, disebut tidak dilakukan pada keseluruhan Kawasan BSD. Tetapi hanya untuk kawasan dengan luasan sekitar 59,6 Ha. 

Proyek ini sejalan dengan rencana pengembangan Biomedical Campus Terintegrasi di area tersebut untuk mendukung program pengembangan kualitas pendidikan dan kualitas penanganan kesehatan (medis) secara nasional.

Baca Juga: 100 KM Jalan Rusak Aspal Mengelupas Akibat Banjir Jateng, Perbaikan Ditargetkan Selesai H-7 Lebaran

Kawasan ini nantinya juga akan dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang mengembangkan Pendidikan, Riset Kesehatan, Ekonomi Digital, Pengembangan Teknologi, Layanan Kesehatan dan Biomedical. 

Untuk pengembangan Biomedical Area di BSD ditargetkan sampai dengan 30 tahun ke depan. Untuk milestone pertama di 2024 yakni dengan adanya Grand Opening BioMedical Campus di tahun 2024.

Lebih lanjut, wilayah yang dipersiapkan sebagai KEK 1 (east district) saat ini telah dilewati oleh Jalan Tol Serpong – Balaraja dan wilayah KEK 2 (west district) nantinya juga akan dilewati oleh Jalan Tol Serpong – Balaraja section 1B.

Sementara itu, PSN PIK 2 ditujukan untuk sektor pariwisata hijau khususnya pesisir kawasan wisata mangrove yang didukung oleh Kemenparekraf. 

"Total investasi PSN PIK 2 sebesar Rp65 triliun, diproyeksi akan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 6.235 dan 13.550 tenaga kerja pengganda," ujar Haryo. 

Baca Juga: Jelang Mudik, Kemendag Perketat Pengawasan SPBU di Seluruh RI agar Tak Curangi Meteran BBM

PSN di PIK 2 adalah pengembangan Green Area dan Eco-City di lokasi PIK 2 yang berlokasi di Provinsi Banten.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x