Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Daftar 7 Tol Fungsional yang Dibuka untuk Lebaran 2024 dan Jam Operasionalnya

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 07:20 WIB
daftar-7-tol-fungsional-yang-dibuka-untuk-lebaran-2024-dan-jam-operasionalnya
Ilustrasi tol fungsional. Badan Pengatur Jalan Tol (BPNT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, ada 7 ruas tol fungsional yang akan dibuka untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Pengatur Jalan Tol (BPNT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, ada 7 ruas tol fungsional yang akan dibuka untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024. 

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Kementerian PUPR Tulus Abadi mengatakan, tol fungsional adalah tol yang pembangunan fisiknya sudah lebih dari 80 persen, tapi belum resmi beroperasi. 

Pembukaan tol fungsional ini nantinya berdasarkan dikresi dari pihak Polri, tergantung kondisi lalu lintas dari jalan tol yang sudah resmi beroperasi. 

“Ruas tol yang fungsional itu masih gratis, jangan lupa, jadi bisa dimanfaatkan. Mumpung belum dibayar manfaatkan,” kata Tulus dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), dikutip dari Breaking News KompasTV, Senin (25/3/2024). 

Baca Juga: Jalur Arteri Diprediksi Lebih Lowong dibanding Tol Saat Mudik, Bisa jadi Jalur Alternatif

Ia menerangkan, tol fungsional hanya akan beroperasi dari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 waktu setempat. Dari 7 tol fungsional, 3 ruas diantaranya ada di Pulau Jawa dan 4 lainnya di Sumatera. 

Daftar 7 tol fungsional dibuka arus mudik-balik Lebaran 2024. 

Tol Fungsional Lebaran 2024: 

1. Tol Jakarta Cikampek II Selatan (Ruas Kutanegara-Sadang) sepanjang 8,5 kilometer

2. Tol Solo Yogyakarta-NYIA (Kartasura-Karanganom) sepanjang 22,3 km

3. Tol Cimanggis-Cibitung (Cikeas-Cibitung) sepanjang 19,65 km

Baca Juga: BPJT Imbau Pemudik Tidak Parkir di Bahu Jalan Tol jika Rest Area Penuh

4. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura Dan 3-4 Sinaksak-Seribu Dolok sepanjang 56,6 km 5. Tol Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 km



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x