Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

KAI Commuter Bersiap Layani Pemudik Lokal di Masa Angkutan Lebaran 2024

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 13:49 WIB
kai-commuter-bersiap-layani-pemudik-lokal-di-masa-angkutan-lebaran-2024
KAI Commuter melakukan sejumlah persiapan untuk melayani pemudik lokal selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2024. (Sumber: KAI Commuter )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- KAI Commuter melakukan sejumlah persiapan untuk melayani pemudik lokal selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2024. Setiap masa Angkutan Lebaran KAI Commuter melayani para pemudik lokal yang ada di wilayah operasional Jabodetabek dan sekitarnya, Bandung Raya, Yogyakarta dan Solo serta wilayah Surabaya. 

“Tentunya KAI Commuter telah melakukan persiapan-persiapan untuk pelayanan kepada pemudik lokal yang menggunakan transportasi Commuter line," kata Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/3/2024). 

Ia menyampaikan, KAI Commuter juga terus mengembangkan sistem integrasi. Baik integrasi sistem pembayaran maupun akses integrasi di stasiun-stasiun commuter line dengan transportasi lanjutannya. 

Misalnya Kartu Multi Trip (KMT) yang kini sudah dapat digunakan di moda transportasi lain dan Aplikasi Access by KAI untuk di Wilayah Bandung, Yogyakarta-Kutoarjo dan Surabaya.

Baca Juga: Kereta Api Majapahit Ekonomi Stainless Steel New Generation Akan Beroperasi 25 Maret

Penambahan-penambahan layanan juga akan dilakukan oleh KAI Commuter. Mulai dari petugas layanan dan pengamanan, fasilitas stasiun, hingga penambahan perjalanan commuter line di Yogyakarta-Solo untuk melayani para pemudik lokal yang didominasi dengan pengguna musiman. 

"Untuk keselamatan petugas, KAI Commuter secara rutin melakukan pengecekan kelayakan Operasi Sarana kereta. Di samping itu, untuk mengantisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran, KAI Commuter menyiagakan Sarana Cadangan dan Sarana Khusus untuk antisipasi kendala operasional," tutur Anne. 

Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna, KAI Commuter juga bekerjasama dengan TNI-Polri untuk menambahkan personilnya selama masa Angkutan Lebaran 2024 ini. 

“KAI Commuter juga mengantisipasi tindak-tindak kejahatan yang terjadi di area stasiun maupun di dalam perjalanan commuter line," ucapnya. 

Baca Juga: PT KAI Akan Tuntut Sopir Truk yang Terobos Palang Pintu Hingga Tabrakan dengan Kereta Api di Sergai



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x