Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Dibuka Hari Ini! Berikut Link, Cara, dan Syarat Daftar Mudik Gratis Pemprov Jateng

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 09:04 WIB
dibuka-hari-ini-berikut-link-cara-dan-syarat-daftar-mudik-gratis-pemprov-jateng
Ilustrasi. Pendaftaran mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dibuka hari ini, Rabu (6/3/2024) mulai pukul 09.00 WIB. Ada lebih dari 12.000 kursi untuk pemudik yang disediakan. (Sumber: Humas Pemprov DKI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dibuka hari ini, Rabu (6/3/2024) mulai pukul 09.00 WIB. Ada lebih dari 12.000 kursi untuk pemudik yang disediakan.

Yaitu masyarakat asal Jateng yang tengah merantau di wilayah Jabodetabek dan ingin mengikuti Program Mudik Gratis Lebaran 2024.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Sarido mengatakan, pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan melalui daring maupun luring.

Ia menerangkan, ada 11.400 kursi untuk armada bus dan 1.088 kursi kereta api yang disediakan, dengan sasaran warga Jateng yang bekerja di sektor informal di kawasan Jabodetabek.

Baca Juga: Persiapan Mudik, KAI Inspeksi Jalur Kereta di Utama dan Selatan Pulau Jawa Hingga 7 Maret

Seperti pengojek, asisten rumah tangga, pedagang asongan, pedagang kaki lima, hingga buruh yang memiliki KTP Jateng.

Bagi masyarakat yang berminat, bisa mendaftar dengan membuka link daftar mudik gratis Pemprov Jateng yaitu www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id.

Selanjutnya, calon pemudik bisa mengunggah dokumen, seperti KTP/KIA, kartu keluarga, dan bukti pendukung lainnya.

Sarido menyampaikan, mudik gratis juga tersedia bagi penyandang disabilitas. Caranya dengan langsung mendatangi Kantor Badan Penghubung Jateng di Jalan Dharmawangsa VIII Nomor 26 Kebayoran Baru, Jakarta.

Baca Juga: Catat, Ini Cara Daftar Mudik Gratis Bareng Jasa Raharja | SINAU

Sedangkan secara offline, masyarakat bisa mendaftar mudik gratis Pemprov Jateng dengan mendatangi Kantor Cabang Bank Jateng di Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, KCP Bank Jateng Kramat Jati, atau lewat paguyuban warga Jateng di Jakarta.

"Pendaftaran mudik gratis kami buka 6 Maret, mulai pukul 09.00. Jumlah bus mudik yang disediakan sebanyak 228 unit. Jika dibanding tahun lalu, bus yang disediakan lebih banyak tahun ini," kata Sarido di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Selasa (5/2/2024).

Ia menuturkan, bus yang disediakan sebanyak 58 bus berasal dari bantuan gubernur, Bank Jateng, dan PT Semen Gresik. Dari bantuan bupati/wali kota, Jasa Raharja dan Perum Perumnas sejumlah 130 bus, serta Bank Jateng memfasilitasi 40 bus.

Sementara untuk mudik gratis menggunakan kereta api, disediakan dua rangkaian. Yakni jurusan Jakarta-Solo menggunakan KA Jaka Tingkir, sementara jurusan Jakarta-Semarang difasilitasi KA Menoreh.

Baca Juga: Simak, Berikut Daftar Lokasi Pendaftaran Offline Mudik Motor Gratis Kemenhub 2024

Adapun untuk pemberangkatan mudik gratis Pemprov Jateng 2024 akan dilakukan pada Sabtu (6/4/2024) dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta.

Ia juga mengimbau warga Jateng agar berhati-hati jika menerima informasi mudik gratis, sebab biasanya ada oknum memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat dengan menarik biaya pengantaran ke titik kumpul mudik.

"Ketika ada orang tak bertanggung jawab menyampaikan ada informasi mudik gratis (tapi) berbayar, itu harus dicek dulu. Jangan sampai warga sudah menunggu mudik gratis, cuma bayar Rp50.000 tapi penipuan. Uangnya sudah masuk, tapi tak ada (terdaftar) mudik gratis," ujarnya. 

Informasi lebih lanjut terkait Program Mudik Gratis Jateng 2024 dapat dipantau di akun @penghubungjateng, @perhubunganjtg, atau "hotline" 0813-1871-2523.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x