Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bertemu PM Selandia Baru, Jokowi Bahas Perdagangan Kedua Negara yang Turun 18 Persen di 2023

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 05:50 WIB
bertemu-pm-selandia-baru-jokowi-bahas-perdagangan-kedua-negara-yang-turun-18-persen-di-2023
Presiden Jokowi bertemu PM Selandia Baru Christopher Luxon, di Hotel Park Hyatt, Melbourne, Australia, Selasa (05/03/2024) . (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

MELBOURNE, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kemitraan strategis antara Indonesia dengan Selandia Baru, khususnya dalam bidang ekonomi dan pembangunan.

Hal itu ia sampaikan kepada Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Christopher Luxon, di Hotel Park Hyatt, Melbourne, Australia, pada Selasa (5/3/2024). 

Pertemuan ini diadakan untuk membahas berbagai isu strategis dan kerja sama kedua negara dalam berbagai bidang.

Salah satu fokus diskusi adalah penurunan nilai perdagangan antara kedua negara yang mencapai 18 persen tahun lalu.

Baca Juga: Pamer Semobil dengan Jokowi saat Kunjung IKN di Medsos, Begini Kata AHY

Di awal pertemuan, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada PM Luxon atas pengangkatannya dan berharap di bawah kepemimpinan PM Luxon, kerja sama Indonesia-Selandia Baru dapat terus ditingkatkan.

“Selandia Baru adalah mitra strategis Indonesia. Saya berharap di bawah kepemimpinan Yang Mulia kita dapat terus majukan implementasi konkret kemitraan komprehensif, khususnya bidang ekonomi dan pembangunan,” kata Jokowi dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden. 

Jokowi juga menyatakan perlunya menciptakan peluang baru untuk meningkatkan interaksi antarpelaku usaha dan perdagangan.

Termasuk di sektor halal. Presiden juga menyambut baik rencana kunjungan PM Luxon bersama misi dagang ke Jakarta tahun ini.

“Saya yakin hal ini akan mendorong peningkatan perdagangan dan kerja sama ekonomi kedua negara,” ujarnya. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x