Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Klaim Banyak Investor Antre Tanam Modal di IKN

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 06:15 WIB
jokowi-klaim-banyak-investor-antre-tanam-modal-di-ikn
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (Sumber: BPMI Setpres via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengklaim banyak investor yang antre untuk menanamkan modal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal tersebut disampaikan Jokowi usai acara peletakan batu pertama sejumlah proyek infrastruktur di IKN, Kamis (29/2/2024).

Ia pun menekankan pentingnya pengaturan lahan dan ekosistem untuk pembangunan ibu kota yang berkelanjutan. Penataan ekosistem menurutnya penting agar IKN menjadi kota yang "hidup."

"Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang sudah clear and clean, kemudian kawasannya di mana agar ekosistem ini segera terbentuk sehingga kota menjadi hidup," kata Jokowi di IKN, Kamis (29/2).

Baca Juga: Jubir Pastikan Prabowo Akan Libatkan Jokowi dan SBY dalam Pemerintahan Mendatang, termasuk Megawati

Mantan Wali Kota Surakarta itu juga mengaku optimistis jumlah investor di IKN akan meningkat usai Pemilu 2024.

Adapun hasil Pemilu 2024 sejauh ini menunjukkan keunggulan telak bagi paslon capres/cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang tak lain adalah anak Jokowi sendiri.

"Saya melihat optimisme setelah pemilu kemarin menjadi tidak nunggu-nunggu dan sekarang semuanya akan kita atur groundbreaking-nya tetapi memang sesuai dengan ekosistem yang ditetapkan," kata Jokowi dikutip Antara.

"Yang lebih padat sebetulnya di IKN barat, hanya ini titik-titiknya belum ditunjukkan di sini, tapi ini yang paling padat nantinya. Dalam dua-tiga bulan ini yang paling padat," lanjutnya.

Presiden Jokowi sendiri dilaporkan akan mulai berkantor di IKN mulai Juli 2024. IKN sendiri ditargetkan mulai berfungsi pada 17 Agustus 2024 bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-79.

"Juli (berkantor di IKN). Saya nunggu airport dan jalan tolnya jadi," kata Jokowi.

Baca Juga: Kembali Lagi ke IKN, Hari Ini Jokowi Bakal Groundbreaking Proyek Infrastruktur di Ibu Kota Nusantara


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x