Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Cek Bansos BPNT Januari-Maret 2024 Kapan Bisa Dicairkan dan Nominalnya di cekbansos.kemensos.go.id

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 11:46 WIB
cek-bansos-bpnt-januari-maret-2024-kapan-bisa-dicairkan-dan-nominalnya-di-cekbansos-kemensos-go-id
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau Bansos BPNT sebesar Rp600.000 yang akan dicairkan pada Agustus 2023. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Sosial (Kemensos) terus berupaya mendukung masyarakat yang membutuhkan melalui peluncuran Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk tahun 2024.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk mengurangi beban ekonomi keluarga Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Baca Juga: Harga Beras Merangkak Naik Mencapai Rp 17.000 Per Kg

BPNT 2024 direncanakan akan menjangkau sekitar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh negeri, menegaskan komitmen pemerintah dalam memperkuat jaring pengaman sosial bagi warganya.

Dengan alokasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp2,4 juta per tahun untuk setiap KPM, program ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Menko Perekonomian Airlangga Ungkap Keputusan Pemerintah Terkait Tarif Listrik dan BBM

Bantuan ini akan disalurkan secara bertahap dengan nilai bulanan sekitar Rp200 ribu, yang ditransfer langsung ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) setiap dua atau tiga bulan sekali.

Artinya penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu yang termasuk dalam tahap Januari-Maret atau April-Juni.

Hal ini memastikan efisiensi dalam distribusi bantuan, dengan jumlah pencairan per tahap berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp600 ribu.

Baca Juga: 27 Titik di 7 Kecamatan di Sragen Terendam Banjir

Cek Bansos BPNT 2024

Untuk memudahkan proses verifikasi dan pengecekan penerima manfaat BPNT 2024, Kementerian Sosial telah menyediakan portal cekbansos.kemensos.go.id.

Masyarakat dapat mengunjungi situs ini dan mengisi formulir pencarian dengan data yang tertera pada KTP dan Kartu Keluarga (KK), serta memilih lokasi domisili yang relevan, dari Provinsi hingga Desa.

Baca Juga: Tarif Tol Jakarta-Cikampek dan MBZ Naik, Berikut Rincian Besarannya

Dengan memasukkan nama lengkap penerima manfaat sesuai dengan data pribadi dan mengklik tombol 'Cari Data', pengguna dapat melihat hasil pengecekan status kepesertaan mereka dalam program ini, termasuk detail posisi dalam keluarga penerima manfaat dan status distribusi bantuan.

Bantuan ini tak hanya membuka akses terhadap kebutuhan pokok dengan lebih mudah bagi keluarga yang membutuhkan, tetapi juga memperkuat ekonomi lokal dengan meningkatkan daya beli masyarakat.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x